Waspada Ciri-ciri dan Gejala Darah Rendah

Tekanan darah rendah merupakan masalah yang harus Anda waspadai di samping hipertensi juga sangat berbahaya. Tekanan darah atau biasa disebut dengan hipotensi disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurangnya gizi yang membuat Anda menjadi stres dan kehilangan darah. Tekanan dara normal adalah 120/80 mmHg. Anda harus waspada dengan gejala darah rendah karena dapat menyebabkan masalah lebih lanjut seperti kurangnya aliran darah ke organ vital yaitu jantung, otak dan ginjal. Berikut adalah ciri-ciri tekanan darah rendah yang harus Anda waspadai.

Ciri-ciri darah rendah

alat pengukur tekanan darah

1. Pusing

Pusing atau sakit kepala ringan adalah ciri-ciri darah rendah yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan darah ke otak. Kadang-kadang orang yang terkena darah rendah mengalami pingsan dan tidak sadar.

2. Sesak napas

Ciri-ciri darah rendah selanjutnya adalah mengalami sesak napas atau nyeri pada dada. Hal ini disebabkan oleh kurangnya aliran darah pada otot jantung.

3. Sakit kepala

Kurangnya aliran darah pada otak dapat menyebabkan sakit kepala yang kadang muncul dan kadang hilang. Ketika terjadi perubahan tekanan darah secara mendadak efek yang dirasakan adalah sakit pada kepala atau Anda mengalami mual-mual.

4. Kulit pucat

Menurunnya sirkulasi darah dalam tubuh berdampak pada kulit yang nampak pucat. Tangan dan kaki terasa dingin serta denyut nadi menjadi lemah.

5. Denyut jantung tidak teratur

Ciri-ciri darah rendah yang terakhir adalah tidak teratunya denyut pada jantung saat memompa darah. Waspadalah jika detak jantung Anda tidak teratur.

Lakukan olahraga yang teratur dan atur pola makan yang sehat. Segera konsultasi ke dokter jika anda mengalami ciri-ciri darah rendah di atas.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.