Tips Menurunkan Berat Badan: Olahraga Sebelum Sarapan

Obesitas dan berat badan yang berlebihan menjadi masalah kesehatan yang sedang banyak di derita oleh masyarakat modern. olahraga menjadi salah satu cara paling efektif dalam menurunkan berat badan. Jika anda berolahraga dengan tujuan untuk mengurangi berat badan cobalah berolah raga sebelum sarapan.

Sebuah peneliatan menemukan jika berolahraga sebelum sarapan pagi merupakan cara paling efektif. Dr Jason Gill yang melakukan penelitian di Glasgow University mengatakan olahraga dalam keadaan perut kosong lebih menguntungkan karena memaksa badan bergerak dengan mengandalkan lemak di dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

Olahraga Lari Pagi

Ilustrasi dr: updateterus.com

Cara ini sangat efektif untuk membakar lebih banyak lemak dan mengurangi banyak lemak di bagian pinggang yang menyumbat darah arteri.

Dr Jason Gill telah melakukan riset terhadap sepuluh orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dibiarkan duduk dan tanpa melakukan aktivitas apapun. Sedangkan kelompok yang lain melakukan jalan cepat selama satu jam ketika menjelang sarapan. Kemudian kelompok yang pertama tadi melakukan hal yang sama setelah mereka sarapan.

Dan hasilnya adalah kelompok yang berolahraga sebelum sarapan pagi berhasil membakar lemak 33% lebih banyak daripada kelompok yang berolahraga setelah sarapan. Dari hasil tes kelompok kedua juga mengalami penurunan lemak dalam darah yang beresiko menyebabkan penyakit jantung.

Selain hanya berjalan cepat anda juga bisa meningkatkan dengan olahraga yang lebih berat dalam keadaan perut kosong. Dr Gill menambahkan, tubuh memiliki cadangan energi yang cukup untuk berolahraga selama 90 menit hingga dua jam.

Namun jika anda tidak tahan melakukan aktivitas olahraga sebelum sarapan tidak perlu khawatir dan jangan menjadi penghalang untu berolahraga.

Dr Gill mengatakan: “Perbedaan terbesar adalah antara tidak melakukan apa-apa dan melakukan sesuatu”

Sumber: dailymail.co.uk

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.