Tips Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Obat Tradisional

Sakit tenggorokan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan sangat menganggu aktivitas. Penyebab sakit pada tenggorokan biasanya adalah virus dan bakteri yang terkadang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Sakit tenggorokan juga tak memandang siapa mereka, dewasa, kecil, lelaki atau perempuan. Namun, pada beberapa kasus sakit tenggorokan dapat diatasi dengan cara pengobatan yang sudah turun temurun dari nenek moyang. Adalah dengan obat tradisional yang sangat mudah dijumpai dan tergolong sangat murah. Berikut adalah beberapa tips mengatasi sakit tenggorokan secara alami.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

sakit tenggorokan

1. Teh jahe

Untuk membuat teh jahe, memarkan satu inci potong jahe lalu direbus dengan air panas selama dua menit. Campur dengan air teh yang sebelumnya sudah Anda buat.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam 3 hingga 4 kali dalam sehari berkhasiat meningkatkan peredaran darah dalam tenggorokan dan juga ampuh dalam pencegahan infeksi serta meredakan dan mencegah penyabaran infeksi menyebar ke area lain.

3. Madu dan lemon

Buat lah minuman hangat dengat resep satu sdm madu dan satu sdm lemon. Minuman ini dikenal sangat ampuh mengatasai sakit tenggorokan secara alami. Madu mengandung antibiotik alami, namun jangan berikan madu pada anak-anak dibawah usia dua tahun tanpa izin dari dokter.

4. Daun kemangi

Rebus daun yang sering menjadi menu lalapan ini. Minum atau cukup dengan berkumur yang mana ini berfungsi mengurangi sakit tenggorokan.

5. Teh chamomile

Seduh dua kantung teh chamomile dengan secangkir air mendidih. Jika ingin manis, tambahkan madu. Teh chamomile mengatasi peradangan dan mengurangi sakit tenggorokan.

6. Menghirup uap

Cara kuno ini masih ampuh mengatasi sakit tenggorokan. Taruh air panas dalam panci. Hirup uanya melalui hidung dan mulut. Pakailah handuk di kepala agar uap tidak menyebar.

7. Inhaler alami

Anda juga dapat memanfaatkan minyak esensial sebagai inhaler. Misalnya lavender, thyme, cendana, atau minyak kayu putih.

8. Permen pelega tenggorokan

Ada beberapa perment mint yang melegakana tenggorokan. Namun jangan berikan pada anak-anak ya,.

9. Air alang-alang

Ambil segenggam alang-alang yang telah dibersihkan. Lalu rebus dengan air sepanci penuh. Biarkan hingga airnya kira-kira masih setengah panci. Minumlah air tersebut dalam sehari. Ulangi hingga sakit tenggorolam mereda.

10. Perasan lemon

Campurkan 2 sendok makan dari perasan lemon kedalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula dan diminum saat perut masih kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Nah, selain melakukan upaya penyembuhan sakit tenggorokan dengan obat tradisional sebaiknya Anda juga harus menghindari beberapa hal yang tidak baik untuk tenggorokan, seperti berikut ini:

  • Merokok
  • Makan makanan pedas
  • Makanan berminyak dan berlemak seperti gorengan
  • Minum-minuman dingin
  • Minuman berlakohol dan bersoda
  • Dehidrasi

Jangan menunda mengatasi sakit tenggorokan. Biasakan hidup sehat.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.