Tips Mencegah Rambut Rontok

Perawatan rambut merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan dan kecantikan. Kekhawatiran akan kerusakan rambut adalah salah satu alasan melakukan perawatan. Rambut rontok banyak dialami oleh beberapa orang. Rambut rontok disebabkan oleh faktor usia, genetika, penyakit, stres atau diet yang tidak tepat. Rambut rontok dapat dicegah sejak dini. Anda dapat mengikuti 8 tips berikut ini.

Tips mencegah rambut rontok

rambut rontok

1. Keramas secara teratur

Mencuci rambut dengan sampo secara teratur membuat rambut dan kulit kepala bersih, bebas dari kotoran dan debu. Keramas juga mencegah infeksi yang menyebabkan rambut rontok. Rambut yang dicuci secara teratur tentu lebih indah dari rambut yang tidak pernah dicuci.

2. Kurangi gonta-ganti gaya rambut

Gaya dan model rambut yang gonta-ganti sebaiknya Anda hindari. Mengeriting rambut, pengeringan dengan metode pemanasan, menyetrika rambut, gonta-ganti warna rambut, semua itu akan merusak rambut jika dilakukan terlalu sering.

3. Gaya rambut yang lembut/natural

Mengikat rambut ekor kuda atau mengikat rambut dengan karet gelang yang ketat sangat berpotensi merontokkan rambut. Gaya rambut dengan anggitan model kepang, anyaman jagung, atau model-model lainnya tentu akan lebih sehat jika Anda membiarkan rambut terurai natural.

4. Hindari menyisir rambut/menggosok rambut basah

Rambut Anda panjang? Hindarilah menggosok atau menyisir rambut terlalu bersemangat ketika masih basah. Hal ini dapat menyebabkan rambut yang masih dapat tumbuh rontok. Jika Anda ingin menyisir rambut ketika masih basah, gunakan sisir dengan gigi yang jarang atau longgar.

5. Gaya hidup sehat

Mempertahankan gaya hidup sehat alangkah sangat penting dalam menjaga keseimbangan tubuh, mencegah stress dan pada akhirnya juga mencegah rambut rontok. Olahraga secara teratur mebantu peredaran darah ynag baik dan sangat bagus untuk kulit kepala. Tidur yang cukup untuk mencegah berbagai penyakit.

6. Lakukan diet sehat

Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin dalam jumlah yang tepat. Sertakan banyak zat besi, protein, vitamin B, C dan D, asam lemak Omega-3 dan seng dalam makanan sehari-hari Anda agar rambut dan kulit kepala sehat.

7. Perbanyak minum air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk rambut Anda. Kadar air yang tinggi mengurangi resiko rambut rontok. Minumlah setidaknya 10-12 air dalam sehari.

8. Perawatan rambut

Tidak mengharuskan pergi ke salon, Anda dapat melakukan di rumah. Pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak hangat kemudian cuci. Ketika memijat dengan minyak atau sampo pastikan akar sampai ujung rambut Anda tercapai.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.