Tips Memenuhi Kebutuhan Air Bagi Tubuh

Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Air sangat penting bagi tubuh namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya kurang dalam memenuhi kebutuhan air. Banyak yang menunggu minum air ketika sudah haus. Padahal haus adalah pertanda dehidrasi yang mana tubuh anda mulai kehilangan berat badannya sekitar 1 sapai 3 persen karena menurunnya kadar air. Jadi jangan menunggu minum air ketika sudah haus.

Dehidrasi menyebabkan hilangnya konsentrasi dan menyebabkan menurunnya produktivitas Anda. Itulah sebabnya Anda harus minum air sesuai yang direkomendasikan atau bahkan lebih. Memenuhi target banyak minum air mungkin kelihatannya sangat mudah, namun banyak yang gagal melakukannya. Bagaimana dengan Anda? Berikut kami berikan beberapa tips untuk Anda agar resolusi banyak minum air di tahun ini berjalan sukses.

minum air

1. Dekatkan botol minuman

Anda sibuk di meja kerja selama berjam-jam yang membuat Anda lupa untuk minum. Mungkin baru akan sadar ketika Anda sudah haus yang mana hal ini akan menghilangkan konsentrasi bekerja Anda. Agar Anda ingat akan kebutuhan air bagi tubuh, selalu bawa sebotol air berukuran sedang atau besar di meja Anda. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak cukup minum.

2. Bangun tidur langsung minum air

Minum segelas air putih mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Padahal saat Air sangat penting bagi tubuh sebelum memulai aktivitas. Air membantu meningkatkan metabolisme dan mempunyai sifat detox untuk menghilangkan radikal dalam tubuh.

3. Makan pedas

Kebanyakan orang akan banyak minum air setelah makan pedas. Hal ini sangat baik untuk Anda coba. Ditambah lagi makanan pedas juga mebantu meningkatkan metabolisme.

4. Beri rasa

Banyak minum air mineral mungkin sedikit membosankan. Namun sebaiknya jangan menambahkan sirup. Agar lebih sehat tambahkan irisan buah-buahan atau daun mint untuk menmbah rasa pada air.

5. Minum sebelum olahraga

Ketika sedang melakukan aktivitas olahraga tentu sangat merepotkan atau malah Anda malas berhenti sejenak untuk meluangkan minum. Biasanya memilih minum setelah sesi olahraga berakhir. Agar tubuh tetap bugar Anda dapat mensiasatinya dengan minum air sebelum melakukan olahraga.

6. Jadikan air sebagai hidangan pembuka

Sebuah studi oleh jurnal Obesity, minum air sebelum makan membantu Anda menurunkan berat badan. Sangat masuk akal karena perut Anda akan kenyang sehingga porsi makan Anda menjadi lebih sedikit.

7. Makan air

Loh kok makan air? Maksudnya begini, makanlah beberapa makanan yang mengandung kadar air cukup tinggi sebagai contoh adalah makanan-makanan berkuah seperti sup. Buah-buahan seperti smangka, melon atau mentimun juga sangat sehat dan alami.

8. Pesan air saat makan di luar

Saat makan diluar jangan lupa memesan air. Sebaiknya pilih air dalam gelas dari pada dalam botol. Hal ini untuk memudahkan Anda dan biasanya restoran-restoran sudah menyediakan tempat isi ulang.

9. Manfaatkan ponsel

Sebenarnya ada nggak sih aplikasi khusus yang untuk membantu mengukur kadar air? Saya sendiri belum pernah menemukannya. Namun Anda tetap dapat memanfaatkan ponsel Anda sebagai reminder untuk segera minum air.

Demikian tips yang harus Anda coba. Jadi jangan menunggu haus untuk minum air.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.