Tips Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kita tetap harus beraktivitas seperti biasa walau sedang menjalankan ibadah puasa. Agar badan tetap sehat dan bugar, Anda harus pandai-pandai menjaga stamina tubuh. Lapar dan haus bukanlah penghalang untuk bekerja. Dehidrasi merupakan salah satu masalah yang sering dialami saat sedang berpuasa. Namun dehidrasi dapat dicegah dengan beberapa cara dan tips yang tepat. Berikut kami berikan tips mencegah dehidrasi saat sedang berpuasa.

wallpaper ramdhan

1. Banyak minum air

Saat sedang tidak di jam puasa jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat cari. Saat sedang berbuka puasa awalilah minum air sebelum Anda menyantap menu buka puasa. Usahakan kebutuhan air 8 gelas tetap terpenuhi.

2. Minum air kelapa

Air kelapa bisa menjadi pelepas dahaga saat Anda sedang berbuka puasa. Air kelapa muda secara instan memberikan kesegaran pada tubuh Anda.

3. Hindari minum kopi

Kurangi minum kopi saat esok siang akan berpuasa. Jika Anda mengalami dehidrasi saat berpuasa sebaiknya jangan minum kopi di malam hari.

4. Buka puasa dengan jus segar

Minum jus buah segar dan sayuran akan menghindar Anda dari dehidrasi dalam waktu yang lama. Selain itu jus segar akan memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi penting, meningkatkan pembaharuan sel, dan menjaga kesehatan serta kelembaban kulit.

5. Perbanyak makan sayuran dan buah

Saat berbuka puasa banyaklah makan sayur dan buah segar. Saat sedang sahur, sayur tetap harus ada dalam menu sahur dengan sajian yang tepat tumis atau sup. Mineral dan nutrisi penting untuk tubuh, terlebih di saat puasa. Mentimun, tomat, nanas, jeruk, anggur, semangka dll semua sangat baik untuk dikonsumsi.

6. Gunakan AC

Jika Anda mempunyai AC di rumah atau ruangan kerja, maka manfaatkanlah. AC terkadang membantu dalam memberikan kelembaban pada ruangan dan membantu kulit tetap terhidrasi.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.