Tempat Wisata di Magelang Yang Bisa Anda Kunjungi

Magelang yang dikenal sebagai kota gethuk merupakan salah satu kabupaten/kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Dalam dunia pariwisata, Magelang mempunyai tempat wisata yang mempunyai magnet yang sangat besar bagi turis domestik dan mancanegara. Di mana lagi kalau bukan candi Borobudur. Selain Borobudur sebenarnya Magelang mempunyai beberapa wisata lain yang sangat menarik juga dikunjungi.

Wisata Magelang Jawa Tengah

Berikut adalah Tempat Wisata Magelang yang menarik untuk anda kunjungi:

1. Candi Borobudur

candi borobudur

Bangunan peninggalan sejarah yang telah dinobatkan menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia. Lokasi candi Borobudur berada di kecamatan Borobudur, Magelang. Pengunjung bisa melihat ukiran relief yang sangat menarik, selain itu pengunjung juga bisa mengungjungi musium di sekiatar candi untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Candi Borobudur.

2. Candi Mendut

candi mendut

Jika anda mengunjungi candi Borobudur maka akan belumlah lengkap jika tidak mampir ke Candi Mendut. Lokasinya pun cukup dekat dengan Borobudur hanya sekitar 3 kilometer saja. Candi Medut ini juga candi budha yang dibangun pada masa dinasti Syailendra.

3. Candi Ngawen

candi ngawen

Satu lagi candi budha peninggalan sejarah yang berada di Magelang, tepatnya berlokasi di desa Ngawen, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang atau lima Kilometer sebelum Candi Mendut dari arah Jogjakarta. Candi ini terdiri dari 5 buah candi kecil, dua di antaranya mempunyai bentuk yang berbeda dengan dihiasi oleh patung singa pada keempat sudutnya. Di salah satu candi terdapat sebuah pating budah yang duduk Ratnasambawa tetapi sudah hilang kepalanya.

4. Taman Kyai Langgeng

taman kyai langgeng

Atau sering dikenal dengan taman bunga (TB) oleh penduduk sekitar. Taman ini terletak di kota magelang dan menjadi tempat menarik untuk liburan keluarga di akhir pekan. Di taman kyai langgang terdapat beberapa obyek menarik seperti: kolam renang, kebun binatang mini, arena bermain dan wahana yang cuku menarik. Pengunjung juga bisa mencoba Wahana Halilintar yang merupakan satu-satunya di Jawa Tengah

5. Bukit Tidar

bukit tidar

Wisata Magelang yang satu ini terletak di Kota Magelang bagian selatan dan terletaj satu kopmpleks dengan Akademi Milititer. Di bukit ini terdapat makam Syeh Subakir dari persia yang merupakan leluhur masyarakat Magelang. Konon Bukit tidar menjadi pakunya Pulau Jawa.

6. Ketep Pass

ketep magelang

Ketep Pass merupakan sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang. Di sini pengunjung bisa menikmati Keindahan Alam Gunung Merapi dari jarak dekat. Terdapat pula bioskop mini yang memutar film peristiwa penting tentang gunung merapi.

Tempat Wisata Magelang lainnya adalah: Losari Coffee Plantation, Gardu Pandang, Curug Silawe, dan Selomoyo (pemandangan alam lereng Gunung Sumbing).

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.