Perut Buncit Tingkatkan Resiko Osteoporosis

Gaya hidup yang tidak teratur mempengaruhi kesehatan sehingga mengalami hal yang buruk. Lemak berlebihan merupakan salah satu hal buruk yang mempengaruhi kesehatan. Lemak dalam perut mengakibatkan obesitas atau perut buncit. Jika tidak ditangani lebih lanjut akan berakibat fatal, salah satunya kelemahan tulang atau osteoporosis.

Osteoporosis lebih dikenal banyak diderita oleh wanita tua. Namun dari sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail, pria dengan perut buncit memiliki resiko lebih besar terserang osteoporosis. Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan dari Harvard Medical School .

lemak di perut

Lemak yang menyebakan perut buncit adalah lemak visceral atau sebagian intra-abdomen yang terletak dibawah jaringan otot di bawah rongga perut. Sedangkan lemak yang terletak di bawah kulit dan menyebar ke seluruh tubuh disebut lemak subkutan.

Ada dua alasan tentang keterkaitan lemak dan osteoporosis. Pertama, lemak visceral dengan keadaan yang berlebih memainkan peran dalam merusak tulang belakang. Alasan kedua, lemak visceral mengeluarkan molekul tertentu yang menyebabkan peradangan yang selanjutnya melemahkan tulang. Namun lebih lanjut penelitian tersebut akan mempelajari tentang sekresi molekul-molekul tersebut dan efeknya terhadap tubuh.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.