Penyebab Bau Badan Dan Keringat Tak Sedap

Di musim panas seperti sekarang ini bau badan menjadi hal yang banyak dialami oleh banyak orang. Bau badan tak sedap memang mengganggu kenyamanan anda. Berberapa cara untuk mengatasi bau badan dapat anda lakukan. Namun tahukah anda penyebab timbulnya bau badan tak sedap?

Penyebab bau badan dipengaruhi oleh proses alami yang melibatkan keringat yang terjadi pada permukaan kulit. Terdapat dua jenis kelenjar keringat dalam tubuh yaitu kelenjar enkrin dan apokrin.

Kelenjar enkrin berada pada permukaan kulit sementara kelenjar apokrin terbuka di area tumbuhnya rambut termasuk kulit kepala, ketiak, dan selangkangan.

bau badan tak sedap

Kelenjar enkrim mengeluarkan keringat yang sebagian besar berupa air dan garam. Sedangkang kelenjar apokrin mengalirkan keringat dengan kandungan lemak, protein dan karbohidrat. Munculnya bau badan ketika bakteri pada permukaan kulit mengurai keringat dari kelenjar apokrin menjadi asam yang mudah menguap dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Penyebab bau badan dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya beberapa makanan yang mengandung bahan kimia yang dapat diekskresiakn oleh kulit. Makanan seperti kari, bawang putih dan rempah-rempah memiliki faktor yang sangat berpengaruh.

Remaja yang sedang dalam masa pubertas juga mengalami bau badan. Stimulasi hormon dan protein dari dalam tubuh meningkatkan produksi minyak pada kelenjar keringat yang akan dikeluarkan pada kulit di ketiak dan juga area genetikal. Kebersihan badan yang kurang diperhatikan akan sangat berpengaruh.

Beberapa jenis penyakit tertentu juga menyebabkan bau badan yang buruk. Penderita diabetes mengeluarkan bau tidak enak dan bau nafas yang khas. Racun yang tidak diproses dan dikeluarkan secara sempurna oleh penderita liver dan ginjal juga menyebabkan bau badan yang buruk.

 
Sumber: Okezone

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.