Minyak Zaitun Yang Kaya akan Manfaat Kesehatan

Minyak zaitun atau yang sering disebut minyak olive merupakan anugerah dari Tuhan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak, bahan komsmetik, obat herbal dan merupakan bahan sabun mandi. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh dengan kadar tinggi terutama polifenol dan oleik, itulah sebabnya minyak zaitun adalah minyak yang sehat. Minyak zaitun kaya akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan, untuk lebih jelasnya adalah berikut.

 

10 khasiat minyak zaitun bagi kesehatan

minyak zaitun

1. Meyehatkan jantung

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan merupakan sumber antioksidan yang menurunkan kadar LDL alias kolesterol jahat. Karena itulah minyak zaitun sangat baik untuk jantung, melindungi dari jantung dari berbagai penyakit. Minyak zaitun juga mencegah penyumbatan di arteri dan mengurangi resiko serangan jantung.

2. Menurunkan resiko kanker

Minyak zaitun kaya akan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan dan juga mempunyai sifat anti inflamasi. Hal tersebut membantu dalam mengurangi resiko stres oksidatif dan peradangan dalam sel. Riset juga menunjukkan, minyak zaitun mengurangi resiko kanker payudara dan juga membantu dalam menurunkan resiko kanker pada saluran pernapasan dan saluran pencernaan.

3. Mengontrol kadar gula darah

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan insulin sehat. Minyak zaitun membantu menjaga tingkat kadar gula darah dan biasanya minyak zaitun dianjurkan oleh dokter untuk penderita diabetes tipe 2 serta diabetes yang mengancam kesehatan jantung.

4. Mengurangi lemak

Minyak zaitun memang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Akan tetapi sama sekali tidak mengandung lemak jenuh, lemak yang menyababkan lapisan tak sehat dalam tubuh. Jika kamu ingin menurunkan berat badan pastikan minyak zaitun ada dalam menu diet kamu.

5. Memiliki sifat anti inflamasi

Sudah disebutkan di atas minyak zaitun mempunyai sifat anti inflamasi. Minyak zaitun membantu membran sel tetap cair dan mampu mendistribusikan nutrisi sehat ke dalam sel dan membuang racun keluar. Ia juga membantu mengurangi risiko arthritis dan asma.

6. Baik untuk pencernaan

Minyak zaitun dikenal dapat menyembuhkan bisul, sembelit dan infeksi pada saluran pencernaan. Sifat anti inflamasi membantu dalam menyembuhkan masah empedu dan infeksi kandung kemih.

7. Menunda penuaan

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan K yang merupakan antioksidan. Polifenol di dalamnya juga menunda proses penuaan. Asam lemak membuat arteri lentur dan menjaga kelembaban kulit.

8. Meningkatkan kecerdasan

Dari penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan, minyak zaitun memiliki kemampuan mendorong perkembangan otak. Penemuan lainnya adalah orang yang mempunyai asupan minyak zaitun cenderung memiliki penyakit dimensia lebih rendah.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minyak zaitun memiliki sifat anti inflasi yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan kerusakan sel. Asupan minyak zaitun yang teratur membuat kamu memiliki tingkat kekebalan tubuh lebih tinggi.

10. Baik untuk tulang

Minyak zaitun mempunyai oleates tingkat tinggi yang berfungsi meningkatkan kesehatan tulang dan mineralisasi. Bagus untuk bayi dan juga untuk orang usia tua penderita osteoporosis.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.