Minyak Habbatussauda (Jintan Hitam) Kaya Akan Manfaat

Habbatussauda atau biasa dikenal dengan jintan hitam merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai obat. Rempah habbatussauda berupa butiran-butiran hitam sudah dikenal sejak ribuan tahun oleh masyarakat di India, Pakistan dan Timur Tengah. Minyak jintan hitam kaya akan manfaat bagi kesehatan. Karena khasiatnya tersebut minyak ini sudah terkenal sejak awal perkembangan agama Islam.

Khasiat dan Manfaat Minyak Habbatussauda

minyak habbatussauda

Berikut adalah 8 manfaat dari minyak habbatussauda yang perlu Anda ketahui:

1. Mengobati asma

Minyak habbatussauda mempunyai sifat anti-inflamasi yang juga membantu dalam mengobati asma. Campur minyak habbatussauda dengan air lalu didihkan. Hirup asapnya secara perlahan. Metode ini membantu menyembuhkan asma.

2. Mengatasi nyeri otot

Minyak biji hitam (nama lain habbatussauda) mengandung bahan anti spasmodik. Ia membantu mengendurkan kejang otot dan nyeri. Cukup oleskan saja minyak ini pada daerah yang terasa nyeri.

3. Menyembuhkan sakit gigi

Minyak habbatussauda mempunyai sifat anti bakteri yang membantu dalam meringankan sakit gigi. Terapkan pada gigi atau ara gusi yang terasa sakit.

4. Mengobati alergi

Sifat anathematic yang dimilki minyak habbatussauda membantu dalam menyembuhkan berbagai alergi dalam tubuh. Minyak ini juga membantu mangatasi infeksi pada kulit seperti kurap dan lainnya.

5. Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi minyak habbatussauda secara teratur membantu menurunkan tekanan darah yang pada gilirannya mengurangi resiko penyakit jantung. Khasiatnya juga membantu dalam menstabilkan pola pernapasan.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Minyak habbatussauda kaya antioksidan yang membantu membuang racun dalam tubuh. Hal ini membantu menjaga sistem pencernan, bahkan membantu menringankan sembelit kronis.

7. Meningkatkan sirkulasi darah

Minyak ini juga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Konsumsi minyak ini secara alami mencegah masalah pusing dan menurunkan kolesterol jahat.

8. Mencegah infeksi flu

Sinfat anti inflamasi yang dimiliki minyak biji hitam juga membantu melawan infeksi flu. Sifat analgesik yang dimiliki membantu minyak pilek. Khasiat lainnya juga membantu menurunkan demam dengan menginduksi keringat dan juga sangat bagus untuk penderita batuk kering.

One Response

  1. Icahbanjarmasin 28/05/2013

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.