Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Ubi jalar adalah salah satu tumbuhan yang biasa dijumpai di sawah-sawah. Pada zaman nenek moyang ubi jalar menjadi makanan pokok. Namun sekarang ini ubi jalar banyak diolah menjadi keripik. Ubi jalar juga bisa diolah dalam campuran isi sandwich atau campuran dalam salad. Ubi jalar juga diyakini mempunyai berbagai manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah 8 manfaat ubi jalar untuk tubuh.

Manfaat Ubi Jalar

Ubi jalar

1. Ubi jalar mengandung mineral penting seperti zat besi dan magnesium. Selain menghasilkan energi, ubi jalar juga membantu dalam mengatur produksi sel darah merah dan darah putih dalam tubuh. Zat besi membantu dalam meningkatkan kekebalan dang mengurangi stres. Sedangkan magnesium menjaga kesehatan tulang, darah, arteri, saraf, otot dan jantung.

2. Dalam ubi jalar juga terdapat vitamin C yang memecah bahan kimia yang disebut homocysteine menjadi molekul sederhana. Homosistein bertanggung jawab untuk beberapa penyakit degeneratif termasuk serangan jantung.

3. Ubi jalar mengandung vitamin C yang membantu dalam pembentukan sel-sel darah serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin C tersebut juga membantu dalam melawan flu, pilek dan menghilangkan racun dalam tubuh. Ubi juga membantu dalam penyembuhan luka. Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen yang membuat kulit sehat dan tidak berkerut.

4. Selain vitamin C, Ubi jalar juga mengandung vitamin D yang sangat berguna bagi tubuh secara keseluruhan. Vitamin D memelihata kesehatan tulang, gigi, kulit, jantung dan sarah. Vitamin D jugamendukung kelenjar triroid.

5. Ubi jalar mempunyai rasa manis alami yang sama sekali tidak menyebabkan penyakit gula. Gula darah alami sangat baik untuk darah. Ia mencegah kelelahan karena kadar gula darah tinggi.

6. Ubi jalar mengandung karotenoid seperti beta karoten yang baik untuk kesehatan mata dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Ubi jalar kaya akan potasium yang bagus untuk kesahtan jantung. Hal tersebut menjaga detak jantung normal dan juga mencegah penyakit inflamasi. Kalium dalam ubi jalar menjaga kesehatan ginjal.

8. Manfaat ubi jalar yang terakhir adalah menjaga tubuh dari radikal bebas. Ubi jalar mengandung antioksidan yang mencegah sel-sel kanker berkembang.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.