Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Secara Ilmiah

gambar orang menangis

Menangis forbes

Menangis adalah aktivitas alamiah yang sering mengungkapkan dari rasa kesedihan atau bahkan ekspresi dari kebahagiaan. Wanita tergolong lebih sering dan mudah menangis dibandingkan dari laki-laki. Namun sebenarnya, secara ilmiah menangis mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat menangis untuk kesehatan:

1. Mengeluarkan racun
Manfaat menangis yang pertama adalah secara fisik menangis dapat mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh Anda. Racun ini dapat membahayakan sistem internal tubuh. Menangis adalah cara mengeluarkan zat-zat berbahaya melalui air mata.

2. Membuat Anda lebih kuat
Menangis adalah terapi untuk jiwa Anda. Kekhawatiran dan kesedihan lebih baik dieskpresikan melalui menangis dari pada anda menyembunyikannya. Jadi jangan pernah menahan tangis, carilah tempat yang aman dan menangislah ketika anda bersedih. Hal ini seperti latihan jantung. Sehingga Anda tidak akan mudah down dan tetap tegar dalam menghadapi masalah.

3. Membuat Anda lebih santai
Banyak orang yang mengaku lebih santai dan jauh lebih baik setelah menangis. Apa penjelasan secara ilmiah? Ketika menangsi hormon rileks yang disebut endorfin bertindak sebagai penghilang rasa sakit dalam saraf dan tubuh anda. Saat menangis endorfin mengalir dalam tubuh anda. Hal tersebut membuat Anda lebih nyaman ketika sedang bermasalah dan cemas.
4. Mencegah penyakit jantung
Studi ilmiah menunjukkan orang-orang yang mengekspresikan rasa sakit dengan menangis cenderung lebih rendah resiko terserag penyakit jantung dari pada mereka yang menahan dan menyembunyikan ‘rasa sakit’ dalam diri mereka. Khasiat menangis adalah juga menyelamatkan anda dari penyakit jantung.

Itulah manfaat menangis bagi kesehatan, namun bukan berarti ketika Anda mendapat masalah dihadapi dengan menangis di depan orang lain. Namun ketika Anda mendapat rasa sakit berlebihan dalam diri Anda janganlah memaksa menahan tangisan Anda.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.