Manfaat Makan Beras Hitam, Coklat dan Padi Liar

Beras merupakan utama bagi penduduk Indonesia. Makanan pokok bagi oran Indonesia adalah nasi. Bahkan terkadang muncul pernyataan kalau belum makan nasi namnya belum sarapan, belum makan siang atau apalah. Padahal makanan pokok bukan hanya beras saja, namun dapat berasal dari jagung, gandum, sagu, ketela, dan lainnya.

Beras sendiri terdiri dari berbagai varian, antara lain: beras putih, beras merah, beras hitam, beras coklat, padi liar, dll. Namun yang menjadi bahan utama untuk dikonsumsi adalah beras putih. Harganya yang terjangkau dan mudah dalam mendapatkannya adalah alasannya. Namun Anda seharunya mencoba untuk makan beras selain beras putih. Kenapa? Karena beras hitan, beras coklat dan padi liar mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh sehingga memberikan manfaat yang banyak.

Berikut adalah khasiat dan manfaat dari beras hitam, beras coklat dan padi liar dikutip dari Kompas:

1. Manfaat beras hitam

beras hitamBeras hitam atau biasa dikenal dengan beras merah atau beras ungu. Penelitian menunjukkan beras hitam banyak mengandung antioksidan yang jumlahnya tak kalah dengan brokoli atau bluberi. Warna ungu aau merah adalah adanya gen yang memproduksi antosianin. Kandungan karbohidrat dalam beras hitam lebih rendah dari beras putih. Namun penilitian menunjukkan energi yang dihasilkan setelah mengkonsumsi beras hitam lebih banyak. Protein dan serat juga sangat syarat pada beras hitam.

2. Manfaat beras coklat

beras coklatBeras coklat adalah padi gabah yang belum sempurna menjadi beras putih saat proses penggilingan. Beras coklat adalah padi yang dihilangkan sekamnya namun tidak dipoles menjadi beras putih. Keunggulan beras coklat adalah kaya akan serat dan indeks glikemiknya yang rendah. Beras coklat juga mengandung antioksidan yang disebut fitonutrien yang mana berkhasiat untuk menurunkan resiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Perlu diperhatikan adalah penyimpanan beras coklat harus pada tempat yang bersih dan kering agar tak cepat membusuk.

3. Manfaat padi liar

padi liar

padi liar merupakan spesies dari genus zizana yang dulunya dikonsumsi oleh penduduk Amerika Utara dan China. Kandungan dalam padi liar antara lain mprotein, serat, potasium, magnesium, dan niasin yang jumlahnya lebih tinggi dari beras hitam maupun beras putih. Sebejarnya padi liar tidak menghasilkan beras secara langsung, namun biji-bijian dari rerumputan semiakuatik.

Demikian jenis beras yang dapat Anda konsumsi selain beras putih yang menjadi makanan pokok bagi kita.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.