Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

Buah semangka mempunyai rasa manis yang sangat pas dan nempel di lidah. Buah semangka juga terasa lebih nikmat ketika dinikmati dalam bentuk minuman jus segar. Jus semangka sangat cocok dihidangkan saat Anda gerah dan haus saat istirahat kerja di siang yang panas. Selain rasanya yang manis, buah semangka dikenal akan kandungan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi tubuh. Menikmati jus semangka mempunyai berbagai keuntungan. Berikut adalah 7 manfaat jus semangka bagi kesehatan.

Manfaat Jus Semangka

jus semangka

1. Rendah kalori, lemak dan kolesterol

Jus buah semangka dapat Anda konsumsi setelah melakukan makan siang atau makan malam. Jus semangka merupakan minuman manis tanpa gula buatan. Buah semangka memiliki kadar air yang cukup tinggi dan tingkat kalori yang rendah. Buah ini sama sekali tidak mengandung lemak dan kolesterol jahat.

2. Kaya vitamin dan mineral

Saat Anda minum jus semangka, Anda mendapatkan berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, mangan, seng, antioksidan dan nutrisi lainnya. Manfaat jus semangka jelas untuk memenuhi gizi yang Anda butuhkan.

3. Meringankan nyeri otot dan kelelahan

Sesaat setalah melakukan olahraga atau latihan fisik minum jus semangka memili berbagai keuntungan. Jus semangka membantu menstabilkan detak jantung dan mengurangi kelelahan otot. Asam Amino dalam buah semangka membantu menenangkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mencegah kanker

Para ahli telah melakukan penelitian dan masih terus dilakuakn tentang manfaat jus semangka dalam mencegah penyakit kanker. Buah semangka mengandung antioksidan yang diyakini dapat mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker prostat dan kanker usus besar.

5. Mengembalikan energi

Manfaat jus semangka akan sangat terasa terutama pulihnya energi yang sebelumnya hilang karena berbagai aktivitas yang menguras tenaga. Gula alami dan kandungan air yang tinggi membantu memasok energi dengan seketika. Jika Anda sedang buru-buru, minum jus semangka adalah sarapan untuk memperoleh energi.

6. Meningkatkan kekuatan tulang

Manfaat jus semangka selanjutnya adalah adanya kandungan kalsium yang membantu mencegah berbagai penyakit dan gangguan terhadap tulang.

7. Baik untuk sistem kardiovaskular

Buah semangka mengandung antioksidan bernama lycopene yang membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah, penyebab stroke jantung. Konsumsi jus semangka juga mengurangi resiko penyakit diabetes dan tekana darah tinggi.

Sekian informasi tentang 7 manfaat jus semangka bagi kesehatan.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.