Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Daun Sirih – Tumbuhan yang berkembang biak dengan merambat atau bersandar pada tumbuhan lain ini merupakan tanaman asli Indonesia. Daun sirih sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan untuk dikunya bersama gambir, pinang dan kapur. Atau dikenal dengan istilah menginang yang dikenal mempunyai berbagai manfaat seperti mencegah kanker mulut. Namun sekarang daun sirih sudah masuk dunia Industri dan diolah menjadi berbagai produk kesehatan dan produk kecantikan. Hal ini tak lepas dari kandungan-kandungan daun sirih yang memang kaya akan manfaat. Berikut adalah manfaat daun sirih bagi kesehatan:

Manfaat Daun Sirih

daun sirih

1. Mengobati kanker

Manfaat daun sirih yang luar biasa dapat membantu mengobati penyakit kanker. Gunakan beberapa lembar daun sirih lalu direbus dengan air hingga kira-kira airnya berkerurang 1/4 dari semula. Campurkan dengan madu dan diminum 3 kali dalam sehari dalam keadaan hangat. Namun sebaiknya Anda harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

2. Mencegah kanker mulut

Mungkin anda pernah melihat seorang nenek mengunyah daun sirih yang dicampur dengan beberapa ramuan. Tradisi ini memang sudah mulai pudar namun zaman dahulu sudah menjadi kebiasaan. Nah, hal itu diyakini mampu menjaga kesehatan mulut dan mencegah bau mulut tidak sedap. Dan yang terpenting daun sirih memang mampu mencegah terjadinya kanker mulut yang sudah dikuatkan dengan berbagai penelitian.

3. Mengobati mimisan

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah untuk mengobati mimisan secara cepat. Untuk yang satu ini saya telah membuktikannya sendiri dan memang terbukti sangat ampuh. Caranya cukup mudah. CUkup ambil selembar daun sirih yang masih muda lalu lunakkan. Gulung dan tempelkan saja pada lubang hidung yang mengalami pendarahan.

4. Mengobati luka bakar

Daun sirih juga dapat menjadi obat tradisional untuk pertolongan pertama saat terkena luka bakar. Caranya tumbuk beberapa lembar daun sirih dan ambil sari airnya saja. Tambahkan sedikit madu, lalu aplikasikan pada kulit yang terkena luka bakar. Hal ini membantu mengatasi luka bakar sekaligus mengurangi rasa sakit dengan efek dinginnya.

5. Mengatasi diare

Diare merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Bagaimana tidak diare memaksa Anda harus bolak-baik ke kamar mandi. Manfaat daun sirih yang dicampur dengan 6 butir merica dan satu sendok makan minyak ikan sangat ampuh sebagai obat tradisional mengatasi diare. Tumbuklah ketiga bahan tersebut dan lakukanlah pemakaian luar dengan cara menggosokkannya pada perut pasien diare.

6. Menghilangkan bau badan

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah menghilangkan bau badan tak sedap secara alami. Rebuslah daun sirih dengan dua gelas air. Biarkan hingga kira-kira hanya tersisa satu gelas. Minumlah satu gelas saja pada satu hari. Lihatlah hasilnya apakah Ada perbedaan dalam waktu satu minggu.

7. Melancarkan buang air kecil

Daun sirih memiliki sifat diuretik yang dikenal mampu melancarkan buang air kecil. Bagi Anda yang mengalami susah buang air kecil, ambilah beberapa lembar daun sirih lalu lembutkan dengan cara dijus. Tambahkan madu dan susu. Cukup diminum satu kali saja dalam satu minggu.

8. Mengobati bronkitis

Manfaat daun sirih yang terakhir ialah membantu mengatasi batuk bronkitis. Cuci 5 hingga 5 lembar daun sirih lalu rebus bersama sepotong gula batu pada dua gelas air. Tunggu hingga kira-kira airnya tersisa 2 gelas saja. Minum 3 kali sehari dengan dosis sekali minum sepertiha gelas saja.

Daun sirih memang mengandung khasiat yang luar biasa. Jika Anda melakukan pengobatan dengan daun sirih dan tidak ada perubahan sebaiknya segera periksa ke dokter. Demikian khasiat dan manfaat daun sirih.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.