Manfaat dan Khasiat Jahe Bagi kesehatan

Jahe merupakan tanaman rimpang yang bisanya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah bumbu dapur dan juga sebagai bahan ramuan dalam mebuat jamu. Bahasa latin jahe adalah Zingiber officinale atau pada saman hindu dahulu adalah singaberi.

Jahe yang memiliki rasa khas yaitu pedas sudah diyakini sejak zaman dahulu sebagai ramuan kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari jahe bagi kesehatan.

Khasiat Jahe

jahe kuning

1. Membantu pencernaan
Makan jahe dapat membantu dalam mencerna makanan, terlebih setelah anda makan ‘berat’. Jahe mampu membersihkan usus besar, membersihkan gas, meningkatkan produksi cairan pencernaan dan juga memperlancar buang air besar.

2. Mengatasi kedinginan dan batuk
Kandungan dalam jahe mempunyai 3 sifat yaitu sifat antivirus, antijamur dan bersifat antitoksin yang membantu dalam mencegah dan mengobati kedinginan. Selain itu jahe juga dapat mencegah dan mengobati flu dan juga mengataso batuk.

3. Menyembuhkan sakit perut
Jahe mempunyai sifat analgesik dan menenangkan sehingga dapat membantu dalam mengobati sakit perut, termasuk masalah perut parah seperti dispepsia atau kolik dan diare.

4. Mengobati batu empedu
Jahe juga dapat membantu dalam mengobati batu empedu karena membantu empedu untuk melepaskan dari kandung empedu. Dengan demikian, jahe dapat menyelesaikan beberapa masalah batu empedu.

5. Mencegah beberapa jenis kanker
Jahe khususnya ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Jahe dapat mencegah kanker sembelit, mencegah pertumbuhan kanker prostat, mencegah pertumbuhan kanker usus besar dan juga membunuh sel-sel janjer paru-paru.

6. Mengurangi rasa sakit dan bengkak
Jahe adalah obat penghilang rasa sakit yang cukup kuat dan juga memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka dan infeksi. Selain itu, juga dapat mengurangi rasa sakit rematik.

7. Meredakan migrain
Dari penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin yang selanjutnya dapat mengurangi migrain dan sakit kepala.

8. Menstabilkan siklus menstruasi
Jahe dapat membuat siklus menstruasi menjadi teratur pada wanita dan juga mengurangi kram menstruasi. Jahe Cina dan teh bersamaan dengan gula merah untuk mengobati kram menstruasi.

9. Mengurangi sakit gigi
Karena jahe memiliki sifat antijamur dan antibakteri, rempah-rempah ini dapat membantu dalam mengurangi sakit gigi.

10. Menurunkan kadar kolesterol
Jahe juga mempunyai manfaat yang penting yaitu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian Anda menjadi lebih aman dari serangan jantung dan pembekuan darah internal.

11. Mencegah mabuk kendaraan
Jahe membantu anda menghindari rasa mual dan muntah. Sehingga jahe dapat mencegah mabuk kendaraan.

 

Sumber: Magforwomen

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.