Manfaat Biji Kedawung / Kedaung Bagi Kesehatan

Biji kedawung merupakan salah satu tanaman penting dalam membuat ramuan obat-obatan. Kedawung atau kedaung (Parkia timorina) memiliki warna kehitam-hitaman yang sekilas mirip dengan jengkol. Ukuran bijinya hampir sama dengan ukuran jempol kaki. Tumbuhan memiliki batang besar dan menjulang hingga 35 m. Kedawung biasanya tumbuh di ketinggian lebih dari 300 m di atas permukaan air.

Sebagai tanaman penting untuk Industri jamu dan obat, penelitian ilmiah tentang biji kedawung terus dilakukan. Kulit kedawung dapat diolah menjadi obat antikudis. Biji kedawung dapat dimanfaatkan sebagai penghilang kolera dan mulas, antidiare dan mencret. Bahkan dapat menyembuhkan cacar air.

Berikut adalah 4 manfaat biji kedaung dalam menyembuhkan penyakit.

Manfaat kedawung

biji kedawung

1. Menghilangkan nyeri lambung

Ambil 5 biji kedawung, sangrai hingga matang. Lalu kupas kulitnya dan tumbuk hingga sangat halus. Setelah itu seduh dengan air panas.

2. Infeksi kulit

Tumbuk biji kedawung hingga halus. Tambahkan sedikit air, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

3. Diare dan cacingan

Ambillah air mendidih lalu masukkan daun kedawung di dalamnya. Kemudian konsumsi.

4. Obat antidisentri

Akar kedawung juga berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit. Akar kedawung difermentasi dan digunakan sebagai obat antidisentri.

Jika Anda tidak doyan dengan aroma dan rasa ramuan kedawung tambahkan beberapa tetes madu untuk menghilangkan rasa pahit. Demikian manfaat biji kedawung.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.