Manfaat Beras Merah Untuk Diet dan Kesehatan

beras merahBeras merah adalah pilihan makanan sehat sebagai pengganti nasi putih. Manfaat beras merah sangat banyak sekali, mungkin yang paling sering kita dengar adalah khasiat beras merah untuk diet. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, beras merah juga mempunyai berbagai manfaat karena kandungan gizi yang dimilikinya. Berikut adalah manfaat beras untuk kesehatan:

1. Bergizi
Beras merupakan biji-bijian yang mempunyai kandungan nutrisi sangat banyak termasuk beras putih dan beras merah. Namun beras merah mempunyai kandungan gizi yang lebih banyak dibanding dengan beras putih.

2. Kaya serat
Ketika proses pengolahan dari padi menjadi beras, beras putih cenderung lebih banyak dikelupas bagian dedaknya sehingga beras merah lebih kaya akan serat dan menjadi lebih sehat. Makanan yang mengandung serat tinggi, dikenal dalam memerangi penyakit.

3. Kaya akan mineral
Beras merah merupakan sumber yang kaya mineral seperti mangan, magnesium dan selenium. Mangan dengan jumlah yang baik dapat mempromosikan sistem saraf yang sehat. Hal ini juga membantu dalam produksi kolesterol yang digunakan untuk memproduksi hormon seks.

4. Menyembuhkan berbagai penyakit
Beras merah, dengan kandungan serat, mineral dan nutrisi penting yang banyak. kandungannya tersebut dikenal dalam menangani berbagai penyakit seperti penyakit jantung, masalah jantung, kanker usus, asma dan diabetes tipe 2. Asupan beras merah juga membantu mengatur gerakan usus dan menyembuhkan sembelit.

5. Membantu mengurangi berat badan
Semua nutrisi, serat dan mineral dalam beras merah dapat membantu Anda dalam memperoleh berat badan yang ideal dan sehat. Berbagai penelitian telah membuktikan makanan yang kaya serat, efektif dalam menurunkan berat badan dan beras merah termasuk dalam biji-bijian berserat.

6. Menurunkan koleterol jahat
Studi yang telah dilakukan menunjukkan, konsumsi beras merah dapat membantu menurunkan kadar LDL atau yang sering dikenal dengan kolesterol jahat serja mempertahankan tingkat HDL dalam tubuh.

7. Mencegah batu empedu
Beras merah mengandung serat larut yang membantu mencegah batu empedu. Penelitian mengungkapkan, serat tidak larut mengurangi sekresi asam empedu, yang merupakan penyebab utama batu empedu.

8. Mencegah kanker payudara
Makanan jenis biji-bijian dan berserat telah diteliti dapat mencegah kanker payudara pada wanita. Beras merah termasuk biji-bijian dan juga kaya akan serat, jadi tak perlu khawatir kanker payudara jika Anda penggemar beras merah.

Sumber: Magforwomen

One Response

  1. beras merah 12/05/2013

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.