Makanan Untuk Otot yang Sehat dan Kuat

Kesehatan otot sangat penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan. Saat ini banyak sekali suplemen untuk otot di toko-toko dan apotek. Sebaiknya Anda menghindari hal-hal membuang uang untuk suplemen tersebut karena masih ada cara yang lebih sehat dan alami tanpa buang banyak biaya. Olahraga dan asupan makanan yang kaya protein merupakan cara yang terbaik untuk memperoleh otot yang sehat dan kuat. Protein sangat penting untuk pertumbuhan otot dan memberikan bantuan pada pemulihan otot.

makanan mengandung protein tinggi
Berikut adalah makanan yang sehat untuk otot:

1. Ikan tuna

Ikan tuna merupakan sumber protein yang sangat banyak. Tuna juga mengandung vitamin D, kalsium dan zat besi, ikan tuna juga sama sekali tidak mengandung lemak. Rendahnya lemak dan kandungan protein yang tinggi adalah kombinasi yang sempurna untuk membangun otot.

2. Brokoli

Sayuran sangat penting untuk diet. Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan protein di dalamnya. Berbagai jenis vitamin terdapat dalam brokoli termasuk vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3 dan B12. Vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh, vitamin E untuk pertumbuhan otot yang baik dan vitamin K untuk menjaga kesehatan jantung. Brokoli juga kaya akan zat besi dan kalsium.

3. Telur

Protein juga banyak terkandung dalam sebutir telur. Kuning telur mengandung vitamin D, A dan E. Jika kamu ingin membangun otot dan menjaga badan tetap ramping maka ambillah putihnya saja. Putih telur memiliki lemak dan protein yang sangat rendah.

4. Yoghurt

Yoghurt juga kaya akan protein di dalamnya. Yoghurt juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam berbagai proses metabolisme dan riboflavin yang penting untuk metabolisme energi. Sebagai makanan probiotik, yogurt mengandung kultur bakteri yang memiliki berbagai manfaat kesehatan termasuk untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain baik untuk otot, yoghurt juga kaya manfaat untuk tubuh secara keseluruhan.

5. Susu

Tak berbeda jauh dengan yoghurt, susu juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting selain menjadi sumber protein yang baik. Susu sapi mengandung kalsium, magnesium, kalium, natrium, vitamin A, vitamin D dan riboflavin. Menurut penelitian minum susu setelah olahraga, sangat bagus untuk pemulihan otot dan pertumbuhan selanjutnya.

6. Buncis

Buncis merupakan sayuran yang kaya akan protein dan rendah lemak. Kandungan serat di dalamnya membantu dalam mengurangi kolesterol, memfasilitasi pencernaan dan mengatur kadar gula dalam darah. Buncis membangun otot dengan menjaga tubuh tetap ramping. Buncis juga mengandung berbagai vitamin termasuk A, C, E dan K.

7. Dada ayam

Dada ayam tanpa kulit juga dimasak dengan cara yang benar merupakan sumber protein yang baik. Dada ayam mengandung 31 gram protein dan hanya 4 gram lemak per 100 gram, tergantung dengan cara masak.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.