Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Lidah buaya dengan nama latin Aloe vera merupakan tumbuhan yang memiliki bentuk mirip lidah dan gerigi di sisinya menyerupai duri dari buaya. Lidah buaya sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bahan ramuan untuk kecantikan dan obat kesehatan. Khasiat dari lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi. Berikut adalah 11 Khasiat dan manfaat lidah buaya yang perlu anda ketahui:

Manfaat Lidah Buaya

lidah buaya

1. Kaya vitamin B12
Lidah buaya merupakan sumber alami vutamin B12 yang membantu dalam kelancaran fungsi sirkulasi darah dan metabolisme. Jika Anda menderita kelelahan, depresi atau daya ingat yang rendah, Lidah buaya adalah obat paling aman untuk memperbaiki kerusakan disebabkannya karena kekurangan vitamin B12.

2. Sumber vitamin dan mineral
Selain vitamin B12, lidah buaya juga sumber dari zinc, kalsium, magnesium, protein, asam lemak esensial dan vitamin A, C dan E. Vitamin tersebut dan dan mineral membantu dalam memulihkan sirkulasi darah normal, meremajakan jaringan usia, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Membantu detoksifikasi
Minum jus lidah buaya secara teratur membantu untuk membersihkan tubuh dan detoksifikasi itu. Hal ini membantu untuk membersihkan lambung, ginjal, hati, kandung kemih dan limpa. Khasian yang didapat adalah Anda dibebaskan dari segala jenis gangguan lambung, maag dan gangguan pencernaan. Jus Aloe Vera juga menyembuhkan dan menenangkan rasa sakit yang disebabkan karena infeksi ginjal dan kandung kemih.

4. Membantu menyembuhkan penyakit
Dari riset yang telah dilakukan lidah buaya membantu menyembuhkan, atau setidaknya membantu pemulihan lebih cepat dari penyakit berat seperti peradangan, vaginitis, arthritis, borok, sembelit dan insomnia.

5. Meremajakan tubuh
Lidah buaya membuat Anda diremajakan dan segar sepanjang hari. Oleh karena itu, memilih untuk asupan makanan dari lidah buaya membantu untuk merasa muda dan tetap aktif dan fit.

6. Memiliki sifat anti-penuaan
Lidah buaya secara alami mempunyai sifat anti-penuaan yang dalam arti dapat menghambat pengaruh penuaan. Ketika digunakan dalam bentuk krim kulit atau lotion, Aloe Vera menunjukkan kemampuan untuk menembus ke dalam kulit dan memeliharanya. Hal ini dapat meremajakan sel-sel alami yang membantu untuk memulihkan kecantikan.

7. Mengatasi nyeri
Gel lidah buaya, bila digunakan secara topikal, dapat membebaskan Anda dari luka bakar pada kulit, luka dan lecet. Gel dingin yang memiliki efek menenangkan, sedangkan sifat kimianya membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

8. Membantu menyembuhkan jerawat
Lidah buaya dapat membantu menyembuhkan jerawat walaupun tidak sepenuhnya. Terutama lidah buaya membantu dalam mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang disebabkan karena jerawat yang selanjutnya mengurangi iritasi dan gatal yang disebabkan karena jerawat yang muncul di wajah Anda.

9. Menyehatkan rambut dan kulit kepala
Lidah buaya adalah berkah dan sahabat badi rambut juga kulit kepala. Lidah buaya merupakan kondisioner alami bagi rambut dan memberikan kemilau pada rambut. Maka tak heran jika tumbuhan ini menjadi bahan dari shampo.

10. Menghilangkan lingkaran hitam
Gel dari daun lidah buaya jika diterapkan pada bagian bawah mata ketika menjelang tidur dapat membantu anda menghilangkan lingkaran hitam. Aloe vera memiliki efek pendinginan pada mata. Akibatnya, mengurangi iritasi yang terjadi pada mata karena stres atau penggunaan yang berlebihan.

11. Tidak memiliki efek samping
Anda tidak perlu khawatir untuk mengambil manfaat dari lidah buaya karena tumbuhan ini sama sekali tidak mempunyai efek samping. Yang perlu anda tahu hanyalah efek laksatif jika asupan yang berlebihan dari lidah buaya.

Sumber: Magforwomen

One Response

  1. Pena Daun 11/02/2013

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.