Khasiat dan Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

sayuran brokoliBrokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang masih keluarga dengan kubis-kubisan. Brokoli mempunyai ciri khusus yaitu pada bagian bunganya mempunyai bentuk yang mirip dengan cabang pohon sengan batang yang tebal. Brokoli mempunyai kemiripan dengan bunga kol yang membedakannya brokoli mempunyai warna hijau sedangkan bunga kol berwarna putih.

Brokoli dapat dinikmati dengan cara dikukus, direbus atau bahkan dimakan secara mentah. Jika anda mengkonsumsi brokoli maka anda akan mendapat berbagai keuntungan karena brokoli mengandung beberapa vitamin dan nutrisi penting. Berikut adalah khasiat brokoli dan manfaat brokoli untuk kesehatan:

1. Mengurangi spina bifida
Spina bifida atau meningocele adalah kelainan tulang belakang bawaan. Banyak studi ilmiah telah menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi brokoli secara teratur dalam diet mereka cenderung melahirkan bayi sehat yang bebas dari risiko spina bifida dan kanker.

2. Melawan kanker dan tumor
Brokoli kaya akan biokimia yang dapat melawan kanker penyebab karsinogen. Brokoli mengandung sulforaphane yang berkhasiat mengurangi ukuran, jumlah, dan penggandaan tumor ganas dan mencegah terjadinya tumor dan kanker.
Indole-3-carbinol yang hadir dalam brokoli memodifikasi tingkat estrogen sehingga menghindari risiko payudara, endometrium usus, ginjal, melanoma, rektum, bersujud, kandung kemih, ginjal, pankreas, dan kanker tiroid. Indole-3-carbinol memiliki kekuatan yang luar biasa selama menangkap penyebab kanker payudara.

3. Baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot
Brokoli juga kaya akan dan asupan rutin brokoli baik untuk perkembangan tulang, gigi, dan otot yang sehat. Konsumsi brokoli membangun tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

4. Baik untuk mata
Lensa mata manusia mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang termasuk dalam keluarga antioksidan yang disebut karotenoid yang baik untuk penglihatan. Karotenoid yang berlimpah dalam brokoli, sangat baik untuk kesehatan mata. Brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin yang sangat penting untuk penglihatan.

5. Menjaga tubuh tetap sehat
Vitamin C dalam brokoli dapat melawan flu. Kandungan besi yang kaya folat dari sayuran mengurangi perkembangan anemia. Brokoli mengandung kalsium, beta karoten, zink, dan selenium, yang semuanya meningkatkan kesehatan tubuh. Brokoli juga dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena merupakan sayuran yang mengandung baik serat larut dan tidak larut, dan gula rendah. Kandungan gula rendah membantu penderita diabetes untuk menghindari penggunaan insulin.

Cara terbaik makan brokoli:
Seperti yang sudah disampaikan diatas, brokoli dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, direbus, kukus, sup, jus, mentah, dll. Namun cara terbaik untuk memperoleh nutrisi dari brokoli adalah dengan dikukus.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.