Khasiat dan Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan

Anggur merah dikenal sebagai minuman eksklusif dengan rasa yang sangat enak. Anggur merah tidak hanya mempunyai rasa yang lezat tetapi juga memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Anggur merah baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Berikut adalah khasiat dan manfaat Anggur merah bagi kesehatan.

Manfaat Anggur Merah

anggur merah

1. Mencegah kanker

Minum anggur sebanyak 1-2 gelas dalam sehari dapat mencegah Anda terkena dari beberapa jenis kanker seperti paru-paru, prostat dan kanker ovarium. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang terkontrol anggur merah juga dapat mencegah kanker payudara, namun sebaliknya jika terlalu berlebihan akan meningkatkan resiko kanker payudara.

2. Mencegah penyakit jantung

Menurut penelitian anggur merah dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah bernama resveratrol, yang mana resveratrol telah terbukti untuk mencegah pembekuan darah internal memiliki sifat pengencer darah.

3. Meredakan pilek

Penelitian juga mengarah pada resistensi pengembangan dingin oleh anggur merah. Sifat antioksidan anggur merah ini dapat meredakan pilek.

4. Melawan penuaan

Minum anggur merah juga mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab untuk memperlambat proses penuaan. Ini memberi Anda harapan hidup lebih lama dan sehat.

5. Melawan alergi dan virus

Karena memiliki antioksidan, anggur merah juga dikenal untuk melawan alergi dan infeksi. Hal ini meningkatkan ketahanan tubuh terhadap alergen dan virus.

6. Penenang sakit perut

Manfaat anggur merah selanjutnya adalah mempercepat proses metabolisme dan membantu dalam mencerna makanan. Jika dikonsumsi secara teratu anggur merah dapat membantu meredakan sakit perut kronis. Bahkan, itu adalah obat terbaik untuk mengobati diare saat wisata. Anti bakteri alami dalam anggur juga membantu dalam mengurangi iritasi pada lambung.

7. Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Minum anggur merah juga membantu menurunkan kadar gula darah. Antioksidan dan ragi alami dalam anggur merah baik untuk mengontrol gula darah dan mencegah diabetes tipe 2.

8. Mengurangi degenarasi makula

Seiring bertambahnya usia, saat tua manusia akan kehilangan penglihatan yang hal ini disebut dengan istilah degenari makula. Antioksidan dan antikoagulan dalam anggur merah mmenghambat atau mencegah degenari makula terjadi lebih cepat.

9. Mencegah batu empedu dan batu ginjal

Anggur merah juga dapat mencegah masalah batu empedu dan batu ginjal. Namun Anda harus ingat jangan dikonsumsi secara berlebihan.

10. Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia

Masih dalam penelitian Anggur merah melepaskan zat kimia yang dikenal dapat meningkatkan memori dan fungsi otak. Dengan demikian minum anggur merah dapat mencegah penyakit alzheimer dan masalah demensia.

Secara kesehatan anggur merah baik untuk kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang moderat atau tidak berlebihan. Demikian khasiat dan manfaat anggur merah.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.