Kandungan Teh Hijau Dapat Menurunkan Resiko Kanker Usus

Wanita yang secara teratur minum teh hijau memiliki risiko lebih rendah kemungkinan terserang kanker usus, perut dan tenggorokan dari pada wanita yang sama sekali tidak pernah minum teh hijau menurut sebuah penelitian di Kanada yang diikuti oleh ribuan perempuan Cina lebih dari satu dekade.

Laporan penelitian tersebut dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition yang menemukan lebih dari 69.000 perempuan, 14 persennya minum teh hijau setidaknya dan mereka memiliki risiko lebih kecil terserang kanker dari sistem pencernaanya.

teh hijauDr. Wei Zheng yang memimpin penelitian tersebut dan rekan-rekannya meneliti dengan menggunakan data dari studi kesehatan jangka berjalan lebih dari 69.000 wanita Tionghoa setengah baya dan lebih tua. 19.000 di antaranya adalah peminum teh hijau yang mengkonsumsi lebih dari tiga kali dalam seminggu.

Wanita yang secara teratur minum teh hijau setidaknya selama 20 tahun memiliki risiko 27 persen lebih rendah terserang kanker pada sistem pencernaanya. Mereka juga lebih rendah 29 persen lebih kecil kemungkinannya terserang kanker kolorektal.

Teh hijau mengandung bahan kimia antioksidan tertentu, terutama senyawa yang dikenal sebagai EGCG yang dapat menangkal kerusakan sel tubuh yang menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

Selain minum teh hijau, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan serta olahraga yang teratur agar badan tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.