Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Nanas

Siapa sih yang tidak kenal buah yang satu ini? Nanas memunyai rasa yang cukup manis dan sangat segar dengan kandungan air yang dimilikinya. Nanas dapat dimakan lansung (mentah) ataupun dalam bentuk jus yang sama-sama lezat rasanya. Nanas juga mempunyai gizi dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh dan kesehatan. Nanas mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi dan sama sekali tidak mengandung lemak. Kandungan lainnya berupa vitamin A, vitamin B6, kalsium, besi, mangan, tembaga, natrium dan thiamin. Manfaat buah nanas yang paling signifikan adalah hadirnya enzim bernama Bromelain. Berikut adalah manfaat buah nanas dari kandungan gizi yang dimilikinya.

Manfaat Buah Nanas

buah nanas

1. Bromelain telah terbukti mengurangi peradangan serta pembengkakan jenis tertentu. Kondisi peradangan akut seperti sinusitis, gout, arthritis dan sakit tenggorokan dapat diredakan dengan buah nanas.

2. Bromelain mempromosikan pemulihan cepat dari operasi dan cedera.

3. Buah nanas banyak mengandung mangan dan mineral lain yang mempunyai peran penting dalam memproduksi energi.

4. Vitamin B1 dalam buah nanas sangat penting bagi sirkulasi darah dan pasokan oksigen ke seluruh sel.

5. Vitamin A hadir dalam buah nanas membantu mengembalikan kesehatan selaput lendir dan melindungi mata serta kulit.

6. Buah nanas dalam porsi 100g hanya mengandung 50 kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak dan kolesterol. Nanas juga kaya akan serat.

7. Vitamin C dalam buah nanas membantu mensintesis kolagen tubuh yang menjaga kesehatan tulang, organ, kulit dan pembuluh darah. Vitamin C juga menjadi tameng terhadap beberapa infeksi dan radikal bebas.

8. Kalium dalam buah nanas mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Tembaga baik untuk kesehatan sel darah merah dan mangan bertindak sebagai penjelajah radikal bebas.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.