Jangan Menunda Mengatasi Insomnia

Insomnia erupakan gangguan sulit tidur di malam hari. Jika Anda salah satu penderita penyakit insomnia sebaiknya jangan menunda-nunda untuk mengatasi masalah sulit tidur. Jika dibiarkan, Insomnia dapat menimbulkan efek yaitu akibat berupa berbagai penyakit. Hal ini merupakan hasil dari berbagai penelitian.

insomnia susah tidur

Akibat insomnia yang paling sering dijumpai adalah sulitnya berkosentrasi pada siang hari. Namun penemuan lain juga menunjukkan jika gangguan susah tidur dapat menyebabkan penyakit jantung dan masalah pada pembuluh darah. Bahkan studi pada pria menujukkan penderita insomnia beresiko dua kali lipat terserang kanker prostat.

Lara G.Sigurdardottir, seorang peneliti bidang tidur menuturkan salah satu penyebab insomnia adalah kebiasaan menonton TV pada saat jam tidur. Demikian dikutip dari kompas.com.

Saat menonton TV, sinar dari TV memberikan efek pada kelenjar pineal (pengatur siklus tidur). Selanjutnya mengakibatkan produksi hormon melatonin alias hormon tidur berkurang.

Pada pria yang menderita kanker prostat biasanya mengkibatkan susah tidur. Jadi sangat mungkin jika kanker prostat bukanlah akibat dari susah tidur, tetapi merupakan efek dari penyakit tersebut.

Penelitian yang dilakukan Sigurdardottir ini juga menunjukkan jika paparan cahaya dari layar gadget selama dua jam setiap hari dapat mengurangi produksi melatonin dalam tubuh hingga 22 persen.

Jadi matikan televisi Anda yang membuat Anda begadang hingga larut malam. Jangan sampai gadget dan peralatan elektronik mengganggu jam tidur Anda.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.