Gejala Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin D

Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup agar mampu bekerja dengan normal dan sehat. Vitamin D mempunyai peran yang sangat penting dalam mengolah kalsium dan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D menyebabkan timbulnya berbagai timbulnya penyakit dan gejala-gejala yang patut Anda perhatikan. Berikut adalah penyakit dan gejala akibat kekurangan vitamin D.

Akibat kekurangan vitamin D

wanita flu

1. Flu

Salah satu gejala yang paling dasar dari kekurangan vitamin D adalah terserang flu. Kekurangan vitamin ini Anda akan menjadi sangat rentan terhadap infeksi virus dan terkena masalah pernapasan terutama pada anak-anak. Asupan vitamin D yang cukup membuat Anda tetap sehat dan terhindar dari masalah tersebut.

2. Diabetes

Asupan vitamin D yang cukup penting dalam mencegah terkena penyakit diabetes. Berjemur di pagi hari sangat dianjurkan, terutama untuk anak-anak. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Jika Anda menderita diabetes, konsultasikan dengan dokter suplemen dan makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

3. Otot yang lemah

Jika Anda mudah lelah dan otot-otot terasa lemas, mungkin Anda mengalami kekurangan vitamin D. Otot memerlukan vitamin D agar dapat bekerja dengan baik. Jika otot anda terasa lemas dan lelah sangat dianjurkan mengkonsumsi suplemen vitamin D atau pergi ke dokter.

4. Ginjal kronis

Jika Anda menderita penyakit ginjal kronis dan dialisis, tubuh Anda membutuh ekstrak vitamin D yang sangat berguna. Asupan vitamin D membatu mempertahankan metabolisme kalsium dan mengurangi resiko masalah pada tulang.

5. Asma

Asma adalah salah satu masalah pernapasan yang sangat serius, dimana penderita mengalami sesak nafas dalam waktu yang sering. Asma juga merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun tetap dapat dikontrol dengan perawatan yang tepat. Vitamin D mempunyai peran penting dalam mengurangi keparahan asma. Dengan asupan vitamin D yang teratur mengurangi resiko masalah pernapasan ini.

6. Penyakit kardiovaskular

Vitamin D juga mempunyai peran yang penting dalam menjaga kesehatan jantung dan detak jantung yang sehat. Asupan vitamin D secara rutin membantu dalam mencegah dan mengontrol masalah kardiovaskular.

7. Kanker

Penelitian juga menemukan bahwa vitamin D juga membantu mencegah timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh. Berjemur untuk memenuhi aspuan vitamin D merupakan salah satu langkah mencegah pertumbuhan sel kanker pada seluruh tubuh. Vitamin ini juga mencegah dan mengurangi perkembangan kaner payudara pada wanita.

8. Sakit pada gusi

Jika gusi anda sering berdarah atau mengalami pembengkakan maka itu adalah tanda kekurangan vitamin D. Dalam kasus ini Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan disarankan segera berkunjung ke dokter.

9. Depresi

Penelitian bahwa vitamin D mempunyai peran yang cukup penting dalam pengembangan dan fungsi mental otak. Ibu hamil sangat dianjurkan memperbanyak konsumsi makanan bervitamin D yang juga sangat penting bagi bayi.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.