Efek Bahaya Dengarkan Musik Menggunakan Headset

Mendengarkan musik adalah aktivitas yang menyenangkan. Berbagai gadget kini mempunyai fitur khusus untuk ‘memplay’ musik. Dilengkapi dengan headset mendengarkan musik terasa lebih mantap. Namun penggunaan headset dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Jadi bukan hanya bising suara kendaraan saja yang berdampak bagi kesehatan fisik dan psikis.

Mendengarkan musik dengan headset sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Jika Anda salah satunya cobalah untuk memperhatikan kesehatan yang dapat terkena efek berbahaya baik dalam jangka pendek atau pun jangka panjang. Berikut adalah beberapa efek dari menggunakan headset menurut kompas.

Bahaya penggunaan headset

dengerin musik

1. Menghambat kemampuan belajar anak

Mendengarkan musik dengan headset menjadi kebiasaan para remaja. Sebaiknya orang tua mulai memperhatikan kebiasaan anak-anaknya. Mendengarkan headset terlalu lama bagi anak dan remaja akan menghambat pertumbuhan akdemik. Sebuah tim peneliti dari New York melakukan riset bahwa anak yang sering berada dilingkungan bising cenderung lebih rendah kemampuan akademiknya. Kemampuan berbahasa, membaca dan kognitif lebih rendah.

2. Produktivitas menurun

Tak bisa disangkal sambil bekerja mendengarkan musik maka yang terjadi adalah Anda bekerja kurang fokus. Baik musik yang Anda suka atau malah musik yang Anda sebel mendengarnya akan sangat menggangu pekerjaan Anda. Jika Anda memasang headset saat bekerja, lakukanlah secukupnya saja. Jangan sampai musik melenakan Anda.

3. Risiko darah tinggi

Memasang headset di telinga dan memutar musik keras-keras mempunyai dampak meningkatnya tekanan darah. Hal ini juga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

4. Kerusakan Otak

Gelombang elektromagnetik dari earphone atau headset diklaim mempengaruhi terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetig ini berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas Anda harus tetap waspada.

5. Rusaknya pendengaran

Efek bahaya yang paling mungkin terjadi dari penggunaan headset secara over adalah rusaknya pendengaran. Headset yang langsung terhubung dengan lubang telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran lebih cepat.

Saat menggunakan headset sebaiknya perhatikan beberapa hal antara lain jangan sampai volume lebih dari 80db atau gunakan volume antara 50-60% dari total volume, jangan memakai headset lebih dari 20 menit dan pastikan headset yang Anda gunakan ada label CE atau SNI.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.