Dampak Merokok: Merusak Memori, Otak dan Mental

Dampak dan akibat merokok dikenal sangat buruk bagi kesehatan. Merokok juga menjadi faktor utama penyakit kanker, jantung bahkan stroke. Baru-baru ini sebuah penelitian di Inggris menemukan efek dari merokok juga menurunkan kinerja otak dam memperburuk mental.

Para ilmuwan di Inggris melakukan penelitian terhadap lebih dari 8.800 orang tentang kemampuan memori dan mental dari para perokok dan orang yang tidak merokok. Dari penelitian tersebut didapat para perokok mempunyai kemampuan otak yang rendah dibanding dengan bukan perokok.

Penelitian tersebut menemukan senyawa dalam tembakau yang disebut NNK meninfeksi sel-sel darah putih dalam pusat sistem saraf dan menyerang sel-sel sehat yang menimbulkan kerusakan saraf yang cukup parah.

Rokok Filter

Selain merusak saraf pada otak, para peneliti juga mendapat dampak rokok meningkatkan risiko strok sangat signifikan dan tekanan darah tinggi yang dikaitkan dengan skor rendah memori dan kemampuan mental secara keseluruhan.

Tembakau juga menjadi penyumbang terbesar penderita penyakit jantung dan 39.000 kasus kanker paru-paru setiap tahunnya di Inggris.

Salah satu peneliti Jessica Smith, mengatakan dampak roko akan sangat buruk ketika seseorang memasuki usia 30an.

Merokok sama sekali tidak mempunyai manfaat dan keuntungan. Berhenti merokok memang sangat sulit ketika tidak disertai dengan niat yang kuat.

 

Sumber: Dailymail

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.