Bahaya Minuman Bersoda Untuk Kesehatan

Minuman bersoda menjadi favorit bagi banyak orang. Rasanya yang manis dan menimbulkan rasa segar telah membuat orang ketagihan. Namun apakah soda sehat bagi tubuh? Ternyata minuman bersoda tidak baik bagi tubuh. Ahli kesehatan mengatakan soda akan merusak kesehatan. Lantas kenapa soda tidak baik bahkan berbahaya bagi kesehatan?

Berikut adalah beberapa alasan yang menunjukkan bahaya minuman bersoda.

Soda Tidak Mengandung Nutrisi
Keri M Gans dari American Dietetic Association mengatakan, soda tidak mengandung nutrisi apapun sehingga melepas dahaga lebih baik dengan air putih saja. Soda hanya mengandung gula dan kalori, bahkan dia mengatakan diet soda juga

Mengakibatkan Obesitas dan Diabetes
Soda mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk tubuh. Kandungan sirup jagung fruktosa tinggi dan pemanis buatan dapat menimbulkan berat badan berlebih. Kandungan gula dalam soda juga mempengaruhi hormon dalam tubuh. Sehingga terlalu sering minum soda akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

minum soda

Mempercepat Osteoporosis
Soda juga mempercepat terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang. Soda mengandung fosfor dan kafein di dalamnya. Minuman bersoda bisa mengurangi kalsium tulang.

Merusak Gigi
Minuman bersoda mengandung asam karbolik yang akan merusak enamel gigi yang menyebabkan gigi berlubang bahkan gigi tanggal. Asam tersebut timbul karena ketika minum soda kandungan gula melapisi gigi bersama bakteri dalam mulut.

Merusak Organ Tubuh
Penelitian kesehatan menunjukkan, minuman bersoda akan berakibat timbul penyakit ginjal kronis, sindrom metabolis, dan perlemakan hati.

 

Sumber: Kompas

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.