Apa Itu Thyme dan Manfaat Thyme Bagi Kesehatan

Thyme adalah sejenis daun rempah-rempah yang sangat terkenal di mesir. Daunnya berukuran mungil, bentuknya oval dan memiliki tangkai yang keras. Daun thyme memiliki aroma ‘wangi’ yang khas. Daun thyme dimanfaatkan menjadi ramuan kesehatan oleh masyarakat Yunani Kuno. Hingga kini ramuan okra dengan berbagai bahan lain yang dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Daun thyme dapat menyembuhkan sakit perut, diare, arthritis, infeksi tenggorokan masalah pernapasan dan sejenisnya. Berikut adalah 5 manfaat thyme bagi kesehatan.

Manfaat Thyme

tumbuhan thyme

1. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung sering disebabkan oleh peradangan kronis. Thyme memberikan perlindungan antioksidan bersama dengan properti anti-inflamasi yang dimilikinya. Hal ini membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh peradangan.

2. Melawan bakteri berbahaya

Thyme terbukti untuk membantu dalam memerangi bakteri berbahaya. Properti antibakteri dalam daun thyme membantu pertempuran jamur dan bakteri. Ekstrak minyak thyme merupakan antibiotik yang melindungi tubuh dari berbagai jenis bakteri.

3. Mencegah jerawat

Manfaat thyme untuk mencegah dan mengobati masalah jerawat dengan antibakteri yang dikandungnya. Daun thyme bahkan lebih baik dari krim anti-jerawat yang dijual di pasaran. thyme melawan bakteri penyebab jerawat pada kulit dan juga lembut untuk kulit dibandingkan produk kecantikan mengandung kimia karena thyme memiliki properti anti-inflamasi.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat tumbuhan thyme juga untuk menjaga kesehatan tulang dan lebih lanjut dapat memperkuat tulang. Thyme merupakan sumber yang kaya vitamin K, kalsium, zat besi, mangan, dan vitamin lain. Mineral dalam thyme membantu mempertahankan tulang yang kuat, mengembangkan kekuatan tulang dan juga mencegah berbagai penyakit tulang.

5. Mengatasi kelelahan

Manfaat daun thyme selanjutnya adalah untuk mengatasi kelelahan. Tubuh kita memiliki kebutuhan harian zat besi dan harus terpenuhi. Kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan, infeksi dan anemia. Thyme adalah sumber yang kaya zat besi yang mana merupakan unsur penting dalam produksi energi. Konsumsi thyme sangat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda.

Demikian sekilas tentang daun thyme dan manfaatnya.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.