8 Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Yoghurt merupakan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan. Berbagai jenis susu termasuk susu kedelai dapat dibuat yoghurt. Namun kebanyakan yoghurt dibuat dari susu sapi. Yoghurt juga diolah menjadi aneka rasa, yaitu rasa buah-buahan, vanilla dan coklat. Untuk manfaatnya bagi kesehatan, yoghurt tidak diragukan lagi karena yoghurt juga mengandung protein yang sangat banyak. Untuk mengetahui lebih detail, berikut adalah 8 khasiat dan manfaat yoghurt.

Manfaat Yoghurt

Yoghurt sehat

1. Mencegah dan menyembuhkan osteoporosis

Yoghurt merupakan salah satu sumber dari kalsium, fosfor dan vitamin D. Kandungan tersebut sangat efektif dalam pencegahan osteoporosis. Bahkan untuk orang yang sudah menderita sangat dianjurkan konsumsi yoghurt setidaknya dua porsi sehari secara teratur untuk membantu proses penyembuha.

2. Mencegah kanker usus besar

Yogurt mengandung kultur bakteri sehat yang menjaga kesehatan usus besar. Kandungan kalsium dalam yoghurt mencegah pertumbuhan sel berlebih dan produksi asam empedu kanker. Karena itu konsumsi yoghurt secara rutin dapat mencegah kanker usus besar.

3. Mempermudah pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan yoghurt mengandung bakteri pencernaan yang dapat membunuh mikroorganisme beracun dari sistem pencernaan. Dengan begitu membantu dalam mempermudah pencernaan. Termasuk dalam membantu menyembuhkan sembelit, infeksi usus dan gangguan pencernaan.

4. Meningkatkan kekebalan

Konsumsi yoghurt dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi dalam melawan infeksi. Orang yang mengkonsumsi yoghurt secara teratur cenderung mempunyai tingkat imunitas lebih tinggi. Kata lain, yoghurt meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

5. Menurunkan kolesterol

Konsumsi yoghurt juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh melalui penyerapan serta mengjaganya dalam kadar yang sehat. Oleh karena itu, makan yoghurt sangat baik untuk jantung yang sehat.

6. Menurunkan darah tinggi

Kekurangan vitamin D dan kalsium adalah salah satu penyebab terkanan darah tinggi. Yoghurt sangat kaya akan kandungan tersebut sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi.

7. Menurunkan berat badan

Makan yoghurt dengan jumlah yang cukup dapat menekan intensitas rasa lapar dan juga memberikan rasa kenyang. Konsumsi yoghurt sangat bagus bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

8. Mencegah infeksi berbahaya

Manfaat yoghurt yang terakhir adalah untuk mencegah terjadinya infeksi berbahaya dalam tubuh. Konsumsi yoghurt secara rutin dapat mencegah infeksi dan jamur pada vagina dan usus. Yoghurt juga merupakan makanan sehat untuk segaa usia.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.