8 Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan

kuning telurTelur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Banyak yang beranggapan bahwa telur adalah makanan yang berlemak dan mengandung banyak kolesterol sehingga meninggalkan telur jauh-jauh. Namun sebelum Anda menolak makan telur, sebaiknya Anda pahami dulu tentang manfaat telur terutama kuning telur yang mengandung banyak manfaat.

Berikut adalah 8 manfaat kuning telur untuk kesehatan:

1. Kandungan kuning telur salah satunya adalah klorin yang sangat membantu perkembangan otak.

2. Wanita yang sedang menyusui juga sangat dianjurkan mengkonsumsi kuning telur. Kandungan gizi dari kuning telur membantu dalam perkembangan otak bayi.

3. Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa satu butir telur mengandung 180-190 mg kolesterol. Tubuh manusia membuthkan asupan kolesterol sebanyak 300 mg. Jadi lebih baik makan telur dengan kuningnya dari pada hanya putih telur saja.

4. Untuk balita, kuning telur dapat membantu dalam pertumbuhan yang tepat dan sehat.

5. Kandungan kuning adalah beberapa nutrisi penting yaitu kalsium, zat besi, fosfor, zinc dll. Kalsium dapat memperkuat tulang. Zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin dalam darah sebagaimana juga membantu dalam fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh. Zinc berperan sebagai antioksidan dan memperkuat tulang.

6. Kuning telur mengandung Omega 3 asam lemak, seperti pada ikan. Omega 3 asam lemak membantu dalam pengembangan berbagai organ dalam tubuh manusia.

7. Kuning telur mengandung vitamin yang bernama karoten, yang dapat membantu melindungi tubuh kita dari degenerasi makula.

8. Pakar kesehatan juga menyatakan bahwa makan telur utuh atau kuning telur lebuh baik dari pada makanan ‘junk food’ dan makanan kalengan.

Kuning telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari dengan maksimal 2-3 karenan mempunyai sangat penting untuk kesehatan Anda, pengecualian untuk penderita penyakit jantung atau kadar kolesterol tinggi.

Sumber: Magforwomen

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.