8 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan Untuk Ibu Hamil – Bahagia dan was-was mungkin menjadi perasaan oleh seorang ibu, terlebih itu adalah seorang wanita yang baru pertama kali hamil. Sangat wajar karena hamil mada adalah masa krusial yang mana awal kehamilan banyak yang mengalami drop, penurunan nafsu makan, pengaruh emosional dan kesehatan. Pada saat hamil muda kondisi janin juga masih sangat sensitif. Saat sedang hamil seorang ibu harus menjaga kesehatan fisik dan psikologi. Pola hidup sehat harus tak pernah lepas, dan rajinlah berkonsultasi ke dokter atau bidan.

Awal kehamilan juga menjadi start bagi Anda untuk mengkonsumsi yang sehat, sehat di sini bukan hanya bagi diri sendiri melainkan kesehatan janin dalam kandungan juga harus sangat diperhatikan. Berikut adalah daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

diet saat hamil

1. Buah-buahan

Buah-buahan sangat bagus sebagai menu makanan sehat untuk ibu hamil muda. Buah-buahan seperti pisang, apel, pir, jeruk, atau buah favorit lain sangat direkomendasikan menjadi menu ibu hamil sehari-hari. Buah-buahan juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman jus, jus buah jauh lebih baik dari sirup manis.

2. Kismis

Saat sedang menginginkan makanan atau cemilan yang manis, saat hamil tidak disarankan makan permen atau coklat. Kismis merupakan menu yang sangat sehat bagi ibu hamil. Kismis biasanya dijadikan sebagai bahan tambahan atau campuran makanan lain. Namun ibu hamil dapat menjadikan kismis sebagai cemilan yang sehat.

3. Yoghurt

Selain kismis, yoghurt merupakan makanan sehat untuk ibu hamil muda dalam bentuk cemilan manis. Yoghurt merupakan makanan probiotik yang sangat bagus bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Yogurt juga membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan bagi wanita hamil.

4. Wortel

Wortel sangat kaya akan serat dan merupakan sumbernya vitamin A. Anda dapat juga mengkonsumsi wortel dalam menu tumis yang diolah dengan sayuran lain seperti brokoli, kembang kul dan bayam.

5. Salad bar

Saat sedang makan di luar banyak sekali restoran yang mempunyai menu salad untuk konsumen. Buah-buahan dan sayuran terutama sayuran yang berdaun gelap sangat bagus dikonsumsi. Banyak sekali cara untuk mendapatkan asupan protein dan nutrisi penting bagi ibu hamil.

6. Sereal

Makanan berbahan gandum juga merupakan bahan makanan sehat untuk ibu hamil muda. Sereal banyak mengandung vitamin, mineral dan asam folat.

7. Keju bebas lemak

Pilihlah keju bebas kemak untuk memperoleh asupan kalsium yang dibutuhkan pertumbuhan janin. Kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi ibu hamil.

8. Jus jeruk

Secangkir jus jeruk menyediakan setengah dari kebutuhan harian vitamin C dan sekitar 15 persen dari kebutuhan kalsium Anda. Jus jeruk juga sangat mudah dalam membuatnya.

Selain itu ada beberapa makan yang harus dihindari oleh ibu hamil. hindari mie instan, soda, selada dan kurangi minum kopi. Tentu, setiap ibu hamil pasti menginginkan masa kehamilan yang sehat dan bayinya juga lahir dengan sehat pula. Oleh sebab itu makanan sehat untuk ibu hamil muda harus menjadi perhatian.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.