8 Khasiat dan Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Banyak yang memilih meninggalkan kopi dan beralih ke minuman lain karena alasan kesehatan. Namun ternyata kopi juga mempunyai beberapa manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Tapi tentu saja jika dikonsumsi dengan jumlah yang sedang atau tidak berlebihan. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Jadi anda tidak harus membuang kopi jauh-jauh dar meja anda. Berikut ini adalah 8 manfaat kopi yang dilansir dari magforwomen.

Manfaat Kopi

Kopi

1. Mengurangi resiko diabetes
Minum kopi dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes tipe 2. Sebuah studi telah menemukan bahwa kopi dapat menurunkan resiko anda tertular diabetes tipe 2.

2. Melindungi terhadap penyakit Parkinson
Penyakit Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 oleh Dr. James Parkinson dengan adanya tremor pada saat beristirahat, kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot (Wikipedia). Meminum kopi lebih banyak dapat membuat anda kecil kemungkinan mengembangkan penyakit Parkinson. Sebuah studi membandingkan peminum kopi berat untuk non-peminum dan menyimpulkan bahwa kelompok pertama memiliki kemungkinan lebih rendah dari mendapatkan terkena penyakit. Dengan demikian, dengan memiliki 2-3 cangkir kopi setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson sebesar hampir 25%.

3. Meningkatkan keterampilan kognitif
Kopi juga dapat meningkatkan keterampilan kognitif Anda. Kopi membantu Anda untuk mengingat hal-hal yang dipelajari di masa lalu. Dengan kata sederhana, memori jangka pendek Anda akan meningkat.

4. Mencegah penyakit jantung
Minum kopi secara teratur, seperti 2-3 cangkir per hari, dapat mengurangi risiko Anda mengalami masalah jantung, termasuk stroke dan gangguan irama jantung, suatu faktor yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

5. Mengurangi risiko kanker
Kopi juga berkhasiat untuk mengurangi kemungkinan penyakit kanker. Kopi mencegah risiko kanker mulut, kanker esophagus dan faring, dan kanker prostat.

6. Mencegah sembelit
Kopi juga dapat mencegah sembelit karena merangsang peristaltik, yang pada selanjutnya merangsang usus besar. Hal ini menyebabkan gerakan usus halus, sehingga mencegah sembelit

7. Dapat menurunkan risiko depresi pada wanita
Kafein dalam kopi melepaskan pemancar suasana hati dan mempengaruhi otak sehingga dapat mengurangi risiko depresi pada wanita.

8. Mengurangi nyeri otot
Minum kopi juga dapat mengendurkan otot Anda dan mengurangi rasa sakit setelah latihan atau olahraga. Minum kopi sebelum beraktivitas dapat membantu Anda mencegah mengalami nyeri otot.

Demikian tadi manfaat dan khasiat kopi disamping berbagai efek negatif yang dimilikinya.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.