8 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan


Buah alpukat
sudah dikenal sejak zaman dahulu memiliki kandungan-kandungan penting bagi tubuh manusia. Buah berdaging yang menyerupai buah pir ini dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain air, buah ini banyak mengandung karbohidrat, lemak, serat makanan, protein, berbagai tingkat kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zink, folat dan vitamin esensial.

Buah alpukat banyak dijumpai di berbagai negara yang beriklim tropis dan subtropis. Seperti pisang, alpukat tumbuh (tua) di pohon dan matang setelah dikumpulkan. Berikut ini adalah 8 manfaat buah alpukat untuk dunia kesehatan yang dilansir dari magforwomen.

Manfaat Buah Alpukat

buah alpukat

1. Menurunkan kolesterol darah
Asupan buah alpukat dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Sebaliknya buah ini dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol yang diperlukan tubuh.

2. Mengontrol tekanan darah
Kandungan potasium dalam alpukat membantu tekanan darah tetap terkontrol.

3. Mengatur gula darah
Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu membalikkan resistensi insulin, sehingga membantu mengatur kadar gula dalam tubuh. Serat makanan juga membantu untuk mempertahankan tingkat gula darah.

4. Mencegah kanker
Studi pada hewan yang diberi makan dengan ekstrak alpukat telah mengungkapkan bahwa alpukat dapat membantu untuk mencegah kanker pada kelenjar kulit, mulut dan prostat, dan penelitian terbatas pada manusia sedang dilakukan dengan harapan dapat hasil yang sama.

5. Anti-inflamasi
Penelitian menunjukkan bahwa alpukat lezat, selain menjadi buah gurih, juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan efek anti-inflamasi dan, dengan demikian, mengurangi risiko gangguan inflamasi.

6. Membantu menambah berat badan
Alpukat mengandung kalori yang cukup untuk membantu Anda mendapatkan berat badan dengan cara yang sehat.

7. Memperpanjang umur
Memang umur setiap manusia ada di tangan Tuhan. Namun, buah ini kaya akan nutrisi yang membantu tubuh untuk mengontrol kondisi tertentu dan memperlambat penyakit penuaan.

8. Sehat bagi kulit dan rambut
Minyak alpukat dapt ditambahkan ke beberapa kosmetik untuk menutrisi kulit dan membuatnya bersinar, serta membuat rambut Anda berkilau. Buah alpukat mengandung vitamin E yang membantu melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari dan mengurangi kemerahan kulit setelah paparan.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.