8 Cara Pencegahan Diabetes

Diabetes saat ini menjadi penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang. Jumlahnya semakin meningkat dan semakin mengkhawatirkan. Beberapa orang beranggapan penyebab diabetes adalah turunan yang diakibatkan oleh gen. Namun faktanya diabetes dapat dicegah dengan beberapa tindakan.

Orang-orang sekarang sibuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dilakukan. Kemajuan teknologi telah mempermudah kehidupan, sehingga tubuh tidak banyak bergerak. Kebiasaan makan yang buruk dan kurangnya olahraga merupakan penyebab terbesar diabetes. Lakukanlah pencegahan penyakit diabetes untuk diri sendiri dan juga untuk anak-anak kita. Berikut ini adalah 8 cara mencegah penyakit diabetes.

Langkah Pencegahan Diabetes

 salad sehat

1. Jangan Lupa Sarapan
Kelebihan berat badan memang menjadi salah satu penyebab diabetes, namun janganlah menjadi alasan untuk meninggalkan sarapan. Faktanya adalah, orang-orang yang melakukan sarapan memiliki 35 sampai 50 persen lebih kecil kemungkinannya menderita diabetes dibandingkan dengan yang tidak sarapan.

2. Kurangi Porsi Makan
Mulai sekarang kurangilah ukuran porsi makan anda. Hindari daging unggas dan ikan, jika memang ingin makan daging janganlah digoreng. Ganti dengan ayam panggang, ikan panggang atau kalkun panggang. Jangan camilan saat memasa di dapur atau ketika memberihkan rumah.

3. Perbanyak Makan Salad
Anda bisa mencoba berbagai jenis salad untuk mengisi energi keseharian anda. Salad jelas lebih baik daripada makanan berinyak dan junk food.

4. Olahraga Teratur
Tidak harus olahraga yang berat, anda bisa bergabung dengan kelas dansa atau mendatangi gym yang menyenangkan. Tujuan utamanya adalah untuk menggerakkan tubuh Anda dan membuatnya kehilangan kalori dalam tubuh.

5. Perbanyak Minum Air
Minimal anda harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Untuk membuat anda tertarik gunakan botol cantik atau botol minuman favorit.

6. Makanlah Makanan yang Berbutir
Konsumsi makan dari gandum, beras merah, jagung dll untuk makanan setiap hari. Anda juga bisa mencoba sandwich dari roti gandum.

7. Banyak Makan Buah-buahan
Konsumsi buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Anda bisa makan buah jeruk, apel, jeruk, semangka, dll.

8. Cata Diet Anda
Anda dapat menyimpan catatan tertulis dari diet harian Anda. Lakukan penelitian seminggu sekali, sehingga anda tahu kapan harus memiliki makanan berkalori tinggi. Mencatat diet juga membuat Anda lebih bertanggung jawab.

 

Sumber: Magforwomen

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.