7 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

buah ceriBuah ceri merupakan buah yang memiliki bentuk sangat cantik. Maka tak heran jika buah ceri dan bunganya sering menjadi hiasan pada hari natal. Di jepang pohon ceri sangat disukai terutama saat sedang bunganya bermekaran yaitu bunga sakura. Buah ceri dapat dikonsumsi dengan berbagai bentuk mulai dari buah segar, hidangan makanan hingga diolah menjadi minuman.
Buah ceri mengandung antioksidan yang sangat banyak sehingga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut ini adalah khasiat dan manfaat buah ceri yang perlu anda ketahui:

1. Antioksidan
Buah ceri mengandung senyawa flavonoid polifenol yang dikenal sebagai glikosida antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Buah ceri bagus untuk dikonsumsi dan dapatkan manfaatnya untuk menangkal stres dan menghambat penuaan.

2. Mengatasi susah tidur
Jika Anda mengalami susah tidur, ambillah buah ceri karena anti-oksidan melatonin hadir dalam ceri. Melatoni dapat menenangkan bawah sistem saraf, mengurangi iritabilitas dan stress. Buah ceri juga menyembuhkan insomnia dan kondisi sakit kepala.

3. Sifat anti-inflamasi
Selain menjadi sumber anti-oksidan, anthocyanin juga bertindak seperti agen anti-inflamasi. Dengan demikian buah ceri dapat menjadi perisai untuk beberapa jenis penyakit seperti beberapa bentuk radang sendi dan kondisi otot lainnya. Setelah latihan berat atau olahraga sangat dianjurkan minum segelas jus ceri segar

4. Obat penghilang rasa sakit
Karena mempunyai sifat anti-inflamasi, buah ceri jika dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit seperti halnya aspirin, motrin atau advil. Bahkan karena alami, buah ceri merupakan penghilang rasa sakit tanpa efek samping.

5. Mencegah kanker
Karena gaya hidup modern yang sangat sulit dihindari kanker dapat mengancam siapa saja. Namun dengan pola hidup sehat kanker tentu tidak akan berani menghampiri kita. Untuk mencegah kanker anda juga dapat mengkonsumsi buah ceri. Catatan ilmiah menuliskan, buah ceri mengandung beberapa senyawa seperti eperti queritrin, asam ellagic dan alkohol perillyl yang terbukti sangat efektif dalam mencegah timbulnya kanker serta penyebarannya.

6. Rendah kalori dan kaya gizi
Buah ceri sangat pas jika dimasukkan dalam tabel diet Anda, karena ceri adalah makanan rendah kalori. Buah ceri juga mengandung berbagai jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

7. Detoksifikasi
Buah ceri juga dapat membersihkan tubuh dari berbagai racun dan virus jahat atau yang sering dikenal dengan detoksifikasi.

Sumber: Magforwomen

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.