7 Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Penyakit anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab anemia. Anemia dapat diobati dengan obat sesuai dengan resep dan dosis dokter. Namun beberapa cara alami sangat dianjurkan karena sangat aman dicoba. Berikut 7 cara mengobati anemia secara alami.

Mengobati Anemia Secara Alami

anemia

1. Makanan sumber zat besi

Perbanyak makanan yang mengandung zat besi. Beberapa sayuran sumber zat besi adalah bayam, brokoli dan kubis harus menjadi menu harian Anda. Daging merah memiliki konsentrasi tinggi zat besi, maka sangat dianjurkan mengkonsumsi daging merah seminggu sekali. Aprikot, plum dan kismis juga kaya akan zat besi.

2. Banyak minum jus

Adalah jus sayuran yang sangat efektif dalam mengobati anemia. Jus bit atau jus bayam yang ditambah dengan madu sangat baik untuk dikonsumsi. Asupan reguler jus sayur sangat membantu dalam mengobati anemia.

3. Cuka dari apel

Jus lemon dan cuka sari apel merupakan ramuan untuk mengobati anemia. Tambahkan 2 sendok cuka sari apel dalam jus lemon dan konsumsi secara rutin. Hal ini membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh.

4. Biji wijen

Ambil sesendok biji wijen dan rebus dengan air. Saring setelah sepuluh menit. Tambahkan satu sendok teh madu dalam air. Hal ini dapat diambil setiap hari untuk mengobati anemia. Wijen kaya akan zat besi, sehingga hal ini membantu untuk meningkatkan tingkat hemoglobin tubuh.

5. Yoga

Senam yoga sangat bermanfaat bagi penderita anemia. Yoga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu mengobati anemia. Latihan yoga secara teratur juga mencegah anemia.

6. Vitamin C

Asupan vitamin C sangar dibutuhkan untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin C merupakan keharusan dalam meningkatkan zat besi. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, dll setiap hari.

7. Mandi garam

Cara mengobati anemia secara alami lainnya adalah dengan mandi garam epsom. Mandi garam berkhasiat dalam meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pusing karena anemia. Merendah kaki dengan garam yang dicampur dengan air hangat juga membantu mengobati anemia.

Demikian 7 cara alami mengobati anemia.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.