6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Rumput laut sangat mudah dijumpai walau di tempat yang jauh dari pantai. Budidaya rumput laut sudah sangat banyak sehingga tidak kesulitan jika kita mencarinya. Rumput laut paling mudah kita jumpai adalah di tukang es. Rumput laut menjadi bahan campuran dalam membuat es. Namun rumput laut juga dapat dibuat menjadi bahan utama dalam membuat makanan. Berbagai jenis dari tumbuhan ini sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting. Berikut adalah khasiat dan manfaat rumput laut bagi kesehatan.

Manfaat Rumput Laut

Manfaat Rumput Laut

1. Sumber vitamin yang melimpah

Rumput laut merupakan sumber dari vitamin A, kalsium, zat besi, kalium, yodium dan vitamin B-12. Rumput laut mengandung mineral alami. Tumbuhan ini juga mempunyai kalsium yang lebih banyak dari pada daging sapi, brokoli dan susu.

2. Mengontrol tiroid dan hormon lainnya

Konsumsi rumput laut juga bermanfaat dalam mengatur kesehatan tiroid karen kaya akan yodium. Tiroid mememerankan dampak penting dalam metabolisme sel dan fungsi biologis tubuh lainnya. Rumput laut merupakan makan bergizi yang aman bagi keluarga Anda.

3. Kaya serat

Tidak diragukan lagi jika rumput laut sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Rumput laut merupakan sumber serat yang mengontrol pencernaan, mencegah tubuh dari lebih banyak menyerap kolesterol dan gula. Rumput laut juga membantu dalam meningkatkan bakteri baik dalam tubuh yang selanjutnya membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dan memperkuat dinding perut.

4. Menurunkan berat badan

Rumput laut sama sekali tidak mengandung kalori dan lemak. Satu porsi rumput laut menghasilkan antara 5 sampai 20 kalori yang ada dibandingkan dengan makanan lain yang Anda makan sepanjang hari. Kehadiran yodium dalam rumput laut memastikan bahwa kelenjar tiroid tubuh mengatur metabolisme karena yang berat badan tetap seimbang. Mineral yang hadir dalam tumbuhan ini juga membantu membunuh sel-sel lemak. Rumput laut juga dikenal dalam mencegah pertumbuhan selulit.

5. Mencegah kanker

Rumput laut kaya anti-oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini penting dalam melawan radikal bebas penyebab kanker, memperlambat pertumbuhan tumor dan mengirim sel-sel kanker dari aliran darah. Sifat anti-kanker ditemukan dalam rumput laut yang dapat mencegah kanker usus juga karena kandungan asam folat di dalamnya.

6. Detoks tubuh

Manfaat rumput laut yang terakhir juga menjadi penangkal yang bagus untuk gaya hidup modern dalam memerangi racun dalam tubuh. Rumput laut kaya akan klorofil yang membantu dalam detoksifikasi tubuh.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.