6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

Jamur merupakan tumbuhan heteretif yang mempunyai rasa lezat jika dimasak dengan cara yang tepat. Hampir semua orang memnyukai jamur, terlebih jika dijadikan menu makan malam pasti selera makan langsung langsung bangkit. Jamur mengandung mengandung vitamin D dan vitamin B yang sangat bagus untuk tubuh. Untuk mengetahui lebih jauh tentang khasiat jamur, berikut adalah 6 manfaat jamur untuk kesehatan.

 

Khasiat dan Manfaat Jamur

jamur sayur

1. Sumber vitamin D
Vitamin D biasanya tersedia dari sinar matahari di pagi hari. Ternyata jamur merupakan satu-satunya sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Jamur memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari seperti halnya manusia. Jamur yang terkena sinar ultraviolet B yang mengarahkan dan melakukan pembentukan vitamin D jumlah tinggi dalam tubuh jamur.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Jamur kancing putih sangat terkenal khasiatnya dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh. Asupan jamur kancing meningkatkan produksi antivirus dan zat penting lainnya yang memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Selain memperbaiki sel, jamur juga membentuk sel berupa sistem pertahanan di dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang oleh mikroba asing.

3. Menyediakan antioksidan
Tidak hanya pada sayuran hijau saja, antioksidan juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jamur walaupun jamur tidak mempunyai warna hijau. Antioksidan sangat penting dan dibutuhkan manusia untuk menghindari oksidasi dalam tubuh.

4. Meningkatkan metabolisme
Metabolisme merupakan fungsi yang sangat penting pada makhluk hidup. Metabolisme tidak sehat akan menimbulkan berbagai masalah misalnya saja obesitas. Vitamin B sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme. Jamur mengandung vitamin B penting yang mengubah makanan menjadi glukosa dalam tubuh yang dibutuhkan dalam menghasilkan energi. Adalah vitamin B2 dan vitamin B3 yang terkandung pada jamur.

5. Mengurangi diabetes
Jamur adalah makanan yang rendah energi. Jemar banyak mengandung mineral, protein, vitamin, serat dan sama sekali tidak terdapat lemak atau kolesterol. Jamur juga mengandung insulin alami yang mempermudah dalam pemecahan gula dalam melawan diabetes.

6. Mencegah kanker kandung kemih
Telah terbukti secara ilmiah dengan berbagai penelitian, jamur dapat mengurangi resiko kanker kandung kemih. Jamur merupakan sumber selenium yang baik. Jumlah yang tinggi dari selenium dalam serum darah sangat menguntungkan karena menghindarkan dari resiko kanker darah. Wanita cenderung lebih banyak membutuhkan selenium dibandingkan dengan pria. Beberapa jenis jamur mengandung selenium dalam jumlah yang besar.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.