6 Khasiat dan Manfaat Cuka Bagi Kesehatan

Cuka atau sering dikenal dengan asam asetat sudah dikenal sejak zaman dahulu dan menjadi bumbu makanan. Dan sejak dahulu pula cuka sudah menjadi ramuan dalam menyembuhkan penyakit. Baik cuka yang terbuat dari apel beras atau lainnya, mereka mempunyai manfaat kesehatan. Cuka dapat dibuat menjadi ramuan tradisional. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat cuka yang belum banyak diketahui.

Manfaat Cuka

cuka apel

1. Meningkatkan penyerapan kalsium
Cuka yang tinggi dalam asam asetat dapat meningkatkan penyerapan mineral penting ke dalam tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Anda dapat mengkonsumsi cuka dengan dicampur pada kuah atau dengan cara apapun sesuai kesukaan.

2. Mengontrol kadar gula darah
Cuka juga mampu dalam membantu mengatasi orang yang menderita diabetes tipe 2. Cuka membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan mampu mencegah dengan baik dalam menunda penyakit komplikasi seperti impotensi, kebutaan dan mati rasa yang mungkin menyebabkan amputasi.

3. Menghancurkan zat berbahaya pada makanan
Buah-buahan dan makanan yang kita konsumsi terkadang masih mengandung pestisida dan zat kimia berbahaya lainnya. Bahkan akan lebih baik jika Anda mencuci buahan yang akan dimakan menggunakan air di campur dengan cuka. Pestisida dan zat kimia lainnya akan sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

4. Membantu mengurangi berat badan
Mengkonsusi makanan misalnya salad atau sop sayuran lainnya, campurlah dengan cuka jika anda sedang menjalankan proses diet. Satu cangkir cuka hanya mengandung 25 kalori sehingga dapat menangkal penambahan berat badan.

5. Menyembuhkan kulit terkena panas sinar matahari
Kulit menjadi kering, merah atau bahkan gosong jika Anda terlalu lama berada dibawah sinar matahari secara langsung. Oleskan cuka pada kulit untuk mengurangi rasa sakit karena kepanasan.

6. Menghilangkan kolesterol
Cuka apel mengandung banyak serat yang membantu menyerap kolesterol dan kemudian membakar lemak dan kolesterol melalui ekskresi.

Sumber: Magforwomen

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.