6 Fungsi dan Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin C –┬áVitamin C sangat mudah di temukan, karena vitamin ini biasanya terkandung dalam buah-buahan yang kita konsumsi. Seperti jeruk dan lemon merupakan sumber vitamin C yang melimpah. Vitamin C sendiri larut dalam air yang dikenal mempunyai sifat antioksidan. Vitamin C berperan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dan manfaat vitamin C┬áberikut adalah 6 diantaranya.

Manfaat Vitamin C

sumber vitamin c

1. Mengontrol dan menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat memiliki dampak yang cukup berbahaya dan banyak kali menyebabkan kematian mendadak pada beberapa kasus. Asupan rutin vitamin C bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan mencegah kerusakan pada jantung, ginjal dan organ-organ lain dalam tubuh Anda. Ditemukan pula pada penelitian bahwa vitamin C juga membantu mencegah kelahiran dini pada ibu hamil dengan riwayat tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan resiko resarang jantung

Aterosklerosis adalah suatu kondisi dimana arteri menebal dan kaku karena tumbuhnya plak. Manfaat vitamin C membantu mengurangi penebalan arteri dan ini membebaskan aliran darah ke jantung serta organ vital lainnya termasuk otak. Ketika darah mengalir dengan bebas, resiko dari Anda mendapatkan serangan jantung atau stroke menjadi menurun.

3. Menyembuhkan asma

Penelitian menunjukakan salah sau penyebab penyakit asma adalah kurangnya asupan vitamin C pada tubuh. Manfaat vitamin C dengan mengkonsumsi banyak sumber vitamin C berperan mengurangi sesak napas yang disebabkan oleh asma.

4. Melawan kanker dan mengurangi efek kemoterapi

Telah terbukti bahwa manfaat vitamin C mampu melawan kanker secara bertahap. Vitamin C juga terbukti mampu mengurangi efek memuakkan dari sekian banyak efek kemoterapi. Vitamin C melawan bakteri dalam perut yang mana bakteri tersebut merupakan penyebab kanker gastritis.

5. Mengurangi resiko diabetes

Riset dan penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes semakin meningkat tajam. Hal ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Vitamin C membantu menurunkan kadar gula dalam darah mencegah efek buruk pada penderita diabetes. Konsumsi buah-buahan manis seperti jeruk membantu Anda jauh dari penyakit diabetes.

6. Mengurangi rasa sakit setelah olahraga

Setelah berolahraga kadang-kadang mengalamai capek dan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Namun hal tersebut dapat dikurangi dengan banyak mengkonsumsi vitamin C. Manfaat vitamin C setelah berolahraga adalah mengurangi produksi radikal bebas yang juga mengurangi rasa sakit karena olahraga.

Untuk memperoleh asupan vitamin C yang cukup kita dapat banyak mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, tomat, lemon, dan berbagai sayuran tertentu. Demikian 6 manfaat vitamin C, Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.