5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Berat badan naik setelah melahirkan biasanya dialami oleh banyak wanita. Bagi Anda ibu-ibu muda mungkin menjadikan hal ini sebagai ketakutan saat merencanakan mempunyai momongan. Kekhawatiran tersebut sangat wajar karena naiknya berat badan umum dialami oleh ibu-ibu. Namun Anda tak perlu khawatir secara berlebihan karena ada beberapa tips menurunkan berat badan setelah melahirkan antara lain sebagai berikut.

Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

diet setelah melahirkan

1. Menyusui

Kegiatan menyusui bukan hanya baik untuk sikecil namun juga untuk kesehatan Anda. Proses menyusui membantu dalam pembakaran kalori 400-500 dalam sehari dan membantu menurunkan berat badan secara bertahap. Pembakaran yang hampir sama dengan renang selama beberapa ajam atau berenang selama satu jam.

2. Makan yang seimbang

Pola makan yang seimbang sangat penting saat setelah melahirkan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Dianjurkan makan ikan, produk susu dan daging tanpa lemak beserta dengan sayuran hijau. Pastikan kebutuhan vitamin, protein dan mineral terpenuhi.

3. Olahraga

Sangat disarankan berkonsultasi kepada dokter olahraga yang aman bagi Anda. Hilangkan rasa jenuh dengan jalan kaki atau joging. Latihan kardiovaskular akan meningkat denyut jantung sekaligus membakar lemak. Olahraga adalah cara paling baik dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan.

4. Tidur yang cukup

Memang tidak dapat tidur dengan cukup di malam hari karena terkadang bayi terbangun di malam hari. Sebaiknya Anda menggantinya dengan tidur di siang hari. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur selama 7 jam dalam sehari. Kurang tidur dan istirahat dapat menyebabkan stres yang menyababkan pelepasan hormon kortisol bersama hormon-hormon stres pemicu bertambahnya berat badan.

5. Perbanyak minum air

Masa-masa menyusui kebutuhan mineral di tubuh Anda harus terpunuhi. Jangan sampai diri Anda mengalami dehidrasi. Menghidrasi tubuh membantu Anda tetap fit dan mencegah penumpukan kalori yang tidak terbakar.

Jadilah ibu yang sehat dan selalu fit. Demikian tips menurunkan berat badan setelah melahirkan.

One Response

  1. juned 24/09/2013

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.