5 Penyebab Batuk Kering

Penyakit batu hampir pasti dialami oleh semua orang. Penyebab batuk dapat beragam jenisnya. Ada batuk berdahak, batuk kering, batuk pilek, batuk berdarah, dll yang mempunyai penyebab sendiri-sendiri. Jika Anda mengalami batuk kering jangan membiarkannya, karena kadang-kadang batuk kering merupakan peringatan terhadap gejala penyakit yang lebih serius. Jika batuk kering menyerang Anda dalam beberapa hari segeralah periksa dan konsultasi ke dokter. Namun dalam artikel kali ini, saya ajak Anda untuk mengenal penyebab batuk kering.

Penyebab Batuk Kering

batuk kering

1. ISPA

Penyebab batuk kering yang pertama adalah infeksi pada saluran pernapasan. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang menyerang tubuh. Batuk kering, sakit kepala dan sakit pada tenggorokan merupakan beberapa tanda dan gejala penyakit ISPA. Oleh sebab itu segeralah periksa ke dokter jika Anda mengalami batuk dan tidak sembuh dalam beberapa hari.

2. Reaksi alergi

Batuk kering basi jadi adalah bentuk dari gejala atau reaksi alergi. Jika menderita batuk kering yang diiringi dengan tenggorokan gatal, mata merah dan iritasi, maka bisa ada kemungkinan sedang mengalami alergi tingkat tinggi. Sebaiknya segeralah pergi ke dokter untuk melakukan tes alergi.

3. Efek samping dari obat

Beberapa obat-obatan mempunyai efek samping berupa batuk kering. Sebagai contoh adalah obat tekanan darah yang mempunyai efek sampping berupa batuk kering. Segeralah konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya.

4. Refuk asam

Produksi asam lambung yang berlebihan menyebabkan cairan lambung mengalir ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan batuk yang mana ini adalah sebagai indikasi dari refluk asam. Penyabab batuk kering berupa refluk asam biasanya disertai dengan gejala seperti mulas dan sakit perut.

5. Indikasi penyakit serius

Penyabab batuk kering yang terakhir adalah sebagai tanda sedang menderita berbagai penyakit serius seperti kanker, emfisema, gagal jantung, paru-paru runtuh, pneumonia, dll. Gejalanya dapat bermacam-macam, jika penyakit jantung batuk kering disertai dengan dahak berbusa merah. Jika mengalami batuk kering yang disertai dengan masalah lain seperti sesak napas, palpitasi, gangguan penglihatan, kaki bengkak, dll segeralah dan jangan menunda periksa ke dokter.

Semoga Anda menjadi lebih waspada dan tetap sehat setelah membaca artikel 5 penyebab batuk kering ini. 😀

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.