5 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel merupakan sayuran umbi yang kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Mudah ditemukan dan dapat diolah dalam bentuk apa saja menjadi kelebihan dari wortel. Kandungan gizi dan vitaminnya sudah tidak diragukan lagi. Wortel merupakan sumber dari beta karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, mineral dan antioksidan. Memakan wortel dalam keadaan mentah segar atau dimasak tidak masalah. Berikut adalah 5 manfaat wortel bagi kesehatan.

Manfaat Wortel

wortel

1. Meningkatkan penglihatan

Wortel kaya akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A oleh hati. Vitamin A sangat bertanggung jawab menjaga kemampuan penglihatan. Makan wortel berarti membantu meningkatkan penglihatan.

2. Mengontrol diabetes

Wortel mengandung karotenoid yang berfungsi dalam mengatur dalam mengontrol kadar gula darah. Mengkonsumsi wortel sangat penting dalam mencegah penyakit diabetes.

3. Mencegah penyakit jantung

Dalam penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi wortel secara teratur membantu tubuh dalam menjaga kadar kolesterol, sehingga jantung menjadi tetap sehat dan normal. Wortel sangat disarankan untuk dikonsumsi orang yang menderita strok dan penyakit kardiovaskuler di masa lalu.

4. Mencegah kanker

Beta karoten yang hadir dalam wortek membantu mencegah kanker paru-paru dan usus besar. Penelitian juga menemukan wanita yang mengkonsumsi wortel secara tertur kecil kemungkinan terkena kanker payudara.

5. Mengurangi resiko degenrasi makula

Manfaat wortel yang terakhir adalah mengurangi resiko hilangnya penglihatan seiring bertambahnya usia. Sebagai makanan yang meningkatkan kemampuan melihat, wortel membantu mengurangi resiko degenarasi makula.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.