5 Manfaat Selada Untuk Kesehatan

selada hijau

selada (wikipedia.org)

Selada merupakan sayuran hijau yang sering lihat sebagai hiasan dalam menyajikan makanan. Di negara barat selada merupakan sayuran hijau yang menjadi bagian dari sandwich dan juga menjadi bahan utama sebagai salad. Sebagai bagian dari sayuran hijau selada sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena ia mengandung berbagai vitamin, protein dan gizi lainnya. Berikut adalah 5 manfaat selada bagi kesehatan:

1. Sumber vitamin A
Selada merupakan sumber vitamin A yang baik. Selada mentah dan segar banyak mengandung vitamin A dan beta-karoten. Vitamin A membantu dalam pemeliharaan kulit yang sehat dengan meningkatkan selaput lendir, dan juga menjaga kesehatan mata sehingga mempunyai penglihatan yang baik.

2. Memperkuat tulang
Selada juga mengandung vitamin K yang membantu memperkuat tulang serta membantu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mengurangi kerusakan otak saraf, oleh karena itu membantu dalam pencegahan penyakit Alzheimer.

3. Meningkatkan kesuburan
Selada segar mengandung folates dan vitamin C yang melimpah. Floates membantu menjaga kesehatan janin dalam kandungan ibu dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi pria dan wanita. Dengan begitu kesuburan meningkat apalagi vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi.

4. Sumber mineral
Selada segar juga merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti kalium, besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasium yang semuanya itu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Kalium penting dalam menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh. Kalsium membantu memperkuat gigi dan tulang. Tembaga dan besi membantu dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Mencegah penuaan
Zeaxanthin yang terkandung dalam selada membantu meningkatkan penglihatan dengan diserap oleh lutea makula retina. Zeaxanthin juga mempunyai sifat antioksidan dan juga mencegah penyakit penuaan datang lebih cepat. Flavonoid dalam selada juga membantu mencegah kanker paru-paru dan mulut.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.