5 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Mentimun merupakan buah atau juga bisa disebut sayuran karena selalu menghiasa sajian masakan. Mentimun biasa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan segar. Enak juga dikonsumsi bersamaan dengan sup, bakso, lotek, dll. Ketika dikonsumsi mentimun mempunyai berbagai manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan. Selain dikonsumsi mentimun juga dikenal dapat digunakan untuk masker kecantikan. Karena manfaat mentimun untuk kulit juga tidak diragukan lagi. Berikut adalah 5 khasiat dan manfaat mentimun bagi kesehatan.

Manfaat mentimun

mentimun

1. Menghidrasi tubuh

Manfaat mentimun yang pertama adalah kandungan air yang tinggi membantu tubuh tetap terhidrasi. Mentimun sangat cocok menjadi makanan yang dibawa ketika melakukan hiking, wisata alam, atau bepergian ke tempat panas.

2. Mendinginkan kulit

Tumbuklah mentimun sampai lembut hingga menyerupai bubur. Tempatkan tumbukan mentimun tersebut ke bagian atas mata atau kening untuk mendinginkan diri dan bersantai. Anda juga dapat menerapkan bubur timun ini ke kulit di bagian mana saja saat diri Anda gerah dan panas. Timun mempunyai sifat yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Menurunkan darah tinggi

Tidak hanya sekedar mitos, manfaat timun untuk menurunkan tekanan darah tinggi sudah terbukti secara ilmiah. Kandungan magnesium, serat dan potasium yang tinggi membantu menstabilkan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Penderita diabetes juga sangat disarankan banyak mengkonsumsi mentimun. Buah mentimun membantu meningkatkan produksi insulin yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes.

4. Menurunkan berat badan

Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan juga sangat dianjurkan makan mentimun. Mentimun mengandung serat dan air yang tinggi dengan tanpa adanya lemak atau kolesterol serta rendah kalori. Makan mentimun membantu Anda cepat kenyang dan mandapatkan banyak nutrisi. Manfaat mentimun juga meningkatkan kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat.

5. Mencegah mabuk

Mentimun mengandung banyak air dan menjadi pemasok air bagi tubuh yang menyegah dehidrasi. Mentimun tidak masalah dikonsumsi di pagi hari saat Anda akan melakukan perjalanan jauh.

Mentimun tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga sangat mudah menemukannya dan cukup praktis untuk menghidangkannya. Dapatkan berbagai keuntungan dari manfaat mentimun.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.