5 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat kulit pisang – Pisang merupakan buah yang sangat mudah dijumpai dan juga dijual dengan harga yang terjangkau. Buah pisang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan baik dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai jenis makanan. Makan buah pisang segar diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan serat, vitamin dan berbagai nutrisi penting yang berkhasiat bagi kesehatan. Ternyata tidak hanya buahnya saja, kulit pisang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan dan sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Kulit pisang mengandung vitamin B, vitamin C, karbohidrat, kalium, kalsium, antioksidan, lutein, protein,mineral dan berbagai macam vitamin B kompleks. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah manfaat kulit pisang bagi kesehatan.

Manfaat Kulit Pisang

manfaat kulit pisang

1. Mengobati jerawat

Manfaat kulit pisang yang pertama sebagai obat penghilang jerawat alami. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggosokkan kulit bagian dalam pisang pada kulit yang berjerawat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukanlah pada malam hari.

2. Memutihkan gigi

Kulit pisang juga diklaim oleh sebagian orang dapat memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah menggosokkan kulit pisang bagian dalam dengan gerakan melingkar. Jika dilakukan setiap hari efek pemutihan gigi akan terlihat dalam waktu sekitar dua minggu.

3. Bermanfaat untuk kulit

Manfaat kulit pisang selanjutnya ialah untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Kulit pisang juga dapat mengatasi permasalah kulit kering. Cara juga sama, gosokkan kulit pisang bagian dalam pada kulit kering, kasar atau kulit pecah-pecah pada kaki. Diamkan selam 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lihat hasilnya, kulit kaki menjadi lebih lembut dan menakjubkan.

4. Mengobati kutil

Masih pada permasalahan kulit yaitu kutil yang mana dapat dibantu proses penyembuhannya dengan kulit pisang. Gosokkan kulit bagian dalam pisang pada kutil setiap malam hari dan lihat hasilnya pada hari ke 7 sampai 10. Kulit pisang secara alternatif juga dapat dilekatkan pada kutil semalaman dan lihat hasilnya pada hari ke 15.

5. Mengobati permasalahan kulit lainnya

Manfaat kulit pisang sangat luar biasa, dapat menyembuhkan berbagai permasalahan kulit seperti gigitan nyamuk, mengobati luka dan mengatasi iritasi dan gatal. Kulit pisang juga merupakan obat alami untuk penyakit psoriasis yang mana dialami banyak orang. Caranya sama, cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam.

Selain untuk kesehatan, manfaat kulit pisang dapat digunakan untuk mengkilapkan aksesoris perak dan kulit. Jika ingin mencoba sebaiknya cobalah dengan sedikit dulu. Limbah kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagi pupuk kompos yang unggul berkat kandungan kalium dan fosfor yang tinggi.

Jadi jangan membuang kulit pisang begitu saja karena sekarang Anda sudah tahu tentang berbagai macam manfaat kulit pisang.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.