5 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

Kedelai merupakan salah satu bahan makanan pokok yang sangat penting. Kita pasti sering mengkonsumsi kedelai walau tidak secara langsung. Tahu dan tempe merupakan makanan yang dibuat dari kedelai dan pasti kita memakannya minimal dalam seminggu. Kedelai juga dapat diolah menjadi susu yang lezat tanpa rasa apek. Kedelai memiliki kandungan gizi yang melimpah. Tak ayal, mengkonsumsi kedelai sangat dianjurkan karena kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah 5 khasiat dan manfaat kedelai.

Manfaat Kedelai

kedelai

1. Kaya protein

Kedelai adalah sumber makanan jenis kacang-kacangan yang kandungan proteinnya paling melimpah. Protein sangat penting untuk fungsi sel dalam tubuh. Kedelei mengandung semua jenis asam amino esensial dan merupakan satu-satunya tanaman dengan kandungan protein yang lengkap.

2. Untuk kesehatan jantung

Minyak yang berasal dari kedelai memiliki nol kolesterol dan merupakan sumber lemak tak jenuh ganda. Asam tak jenuh ganda yang sangat penting dalam minyak kedelai adalah asam linoleat dan asam linilenat. Asam tersebut membantu dan mengatur tekanan darah dan konraksi otot. Minyak ini memberikan efek yang luar biasa untuk kesehatan jantung. Kedelai juga memiliki serat larut yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

3. Untuk kesehatan pencernaan

Serat larut dalam kedelai juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kedelai juga mengrangi resiko terkena penyakit wasir, divertikular, kanker usus besar dan gangguan sembelit.

4. Kaya isoflavon

Kedelai mengandung kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang yang lebih baik. Kedelai juga memiliki isoflavon yang membantu dalam mengurangi gejala menopause. Isoflavon membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita, sehingga menawarkan pencegahan osteoporosis.

5. Mencegah tuli

Kedelai sangat kaya zat besi dan seng. Ini adalah suplemen zat besi yang dapat melembutkan sel darah merah, memperluas kapiler, dan memasok darah ke telinga. Konsumsi kedelai sangat berguna dalam menjaga fungsi telinga dan mencegah hilangnya pendengaran.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.